Jum'at, 25 April 2014
     
Home Politika Saling Klaim Satu Putaran

Saling Klaim Satu Putaran

429
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
Hari Ini Tes Kesehatan dan Kejiwaan
KOTABUMI - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung Utara 2013 bakal berlangsung seru. Pasalnya, sejumlah pasangan calon kepala daerah melalui tim sukses (TS) masing-masing mengklaim menang satu putaran. TS pasangan calon incumbent Zainal Abidin-Anshori Djausal (Z&A) misalnya, melalui Gerakan Bersama Rakyat (Gemar) menargetkan pasangan ini menang satu putaran.

Ketua Koalisi Gemar Z&A Imam Syuhada beberapa waktu lalu mengaku optimistis pasangan ini menang satu putaran. Selain itu, berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan Gemar, pasangan ini meraih 68 persen dukungan masyarakat dan dipastikan menang dalam satu putaran dengan persentase tinggi.

Sementara, TS pasangan M. Yusrizal, S.T. dan Yoyot Sukarno (Yudayono) yang diusung Partai Demokrat juga mengklaim menang satu putaran. Ketua Tim Pemenangan Yudayono, Apnan A.N., mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu ketetapan dari KPU Lampura terkait berapa calon yang resmi mengikuti pilkada 19 September 2013 itu.

’’Sampai saat ini kami masih menunggu keputusan dari KPU, ada berapa calon peserta Pilkada Lampura. Kalau target kami sekarang menang di atas 40 persen,” ujar Apnan kemarin.

Dia menambahkan, Yudayono selain memberdayakan mesin partai, juga sudah membentuk tim relawan hingga tingkat bawah. ’’Kami sudah bentuk tim relawan, tim pemantau yang sudah diterjunkan ke masyarakat,” ucapnya.

Sayangnya, Apnan enggan memaparkan langkah-langkah yang sudah dan akan ditempuh untuk mendongkrak perolehan suara Yudayono dengan alasan itu merupakan bagian dari strategi politik.

’’Saya rasa tak bisa kita bicarakan karena merupakan strategi politik. Kami juga menginstruksikan tim untuk tidak melakukan pembusukan terhadap balonkada lain. Kita realistis saja dan melakukan politik yang santun,” kata dia.

Hal sama diutarakan Ketua Koalisi Pejuang Perubahan (Kopper), koalisi parpol pengusung pasangan Agung Ilmu Mangkunegara-Paryadi (Abdi), Darwan, B.B.A.

Menurut Darwan, pasangan Abdi bakal menang satu putaran. Hal itu didasari begitu besarnya respons masyarakat sesuai hasil survei tim pemenangan pasangan ini di 23 kecamatan di Lampura.

’’Kami punya dasar-dasar yang menguatkan. Salah satunya hasil survei yang dilakukan tim kepada masyarakat di 247 desa/kelurahan yang ada di Lampura,” ujar Darwan kemarin.

Dijelaskan, dalam program Abdi sesuai kinginan masyarakat yakni keamanan, pendidikan, kesehatan, dan bantuan bibit unggul gratis. Selain itu infrastruktur dan menciptakan lapangan kerja sebagai langkah konkret untuk mengurangi pengangguran. ’’Berbagai program ini sudah disiapkan Abdi dan mendapat respons begitu besar dari masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, KPU Lampura hari ini menjadwalkan tes kesehatan jasmani dan rohani bagi calonkada Lampura. Tes kesehatan jasmani di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) dan tes kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kurungannyawa.

’’Untuk jadwalnya selama empat hari, yakni tanggal 2-5 Juli 2013,” ujar Ketua Pokja Pencalonan KPU Lampura M. Tio Aliansyah, M.H. kemarin (1/7).

Untuk jadwalnya, lanjut Tio, hari ini tiga pasangan balonkada tes kesehatan rohani di RSJ Kurungannyawa. Yaitu pasangan Yusrizal-Yoyot Sukarno (Yudayono) pukul 08.00-11.00 WIB. Pasangan Riza Pachlevi-Ruslan Effendi (RR) pukul 11.00-14.00 WIB. Disusul pada pukul 14.00-17.00 WIB untuk pasangan Kesuma Dewangsa-Supeno (Kedeso). Pada Rabu (3/7) dijadwalkan pasangan Zainal Abidin–Anshori Djausal (Z&A), kemudian pasangan Agung Ilmu Mangku Negara-Paryadi (Abdi).

’’Untuk tes kesehatan jasmani akan dilaksanakan di RSUDAM pada Kamis (4/7) pukul 08.00-10.00 WIB pasangan ZA. Dilanjutkan pukul 10.00-12.00 untuk pasangan Yudayono dan pukul 13.00-15.00 untuk pasangan Abdi. Untuk pasangan RR dan Kedeso akan mengikuti tes kesehatan jasmani pada Jumat (5/7). Pasangan RR pukul 08.00-10.00 dan Kedeso pukul 10.00-12.00,” pungkasnya. (rid/rnn/p5/c1/gus)


Advertise