Puluhan Gajah Rusak Tanaman Warga

181
Ilustrasi

radarlampung.co.id – Puluhan gajah liar dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) turun dan merusak perkebunan milik warga di Pekon Karangagung, Kecamatan Semaka, Tanggamus,  kemarin (10/8). Sejumlah pohon seperti pisang, singkong, dan sengon jadi korban.

Kepala Pekon Karangagung Bunyamin mengatakan, kawanan hewan berbelalai itu sudah terlihat sejak seminggu terakhir. ’’Sampai saat ini (kemarin, Red), warga masih berusaha menghalau gajah-gajah itu agar menjauh dari perkebunan. Luas lahan yang rusak sudah mencapai 50 hektare,” kata Bunyamin dihubungi melalui ponselnya kemarin.

Bunyamin menuturkan, sejumlah upaya dilakukan warga untuk mengusir gajah. Salah satunya menyalakan petasan. Namun hal ini tidak maksimal. Kawanan gajah sempat menjauh, namun beberapa hari kemudian muncul kembali.

”Upaya lain yang kita lakukan adalah mengadakan ronda malam,” sebut dia.

Terpisah, Camat Semaka Edi Fahrurozy membenarkan puluhan gajah masuk keperkebunan warga. ”Benar, kita sudah dapat informasi dari kepala pekon mengenai kawanan gajah yang masuk perkebunan. Masih ada atau tidaknya gajah tersebut, saya belum tahu pasti. Belum ada informasi lanjutan,” kata Edi.

Sebelumnya tahun lalu, puluhan gajah liar keluar dari Kawasan TNBBS. Hewan-hewan tersebut merusak tanaman padi serta jagung milik warga Pekon Pemerihan dan Sumberejo, Kecamatan Bengkunatbelimbing, Pesisir Barat.

Memasuki musim panen, pemilik lahan harus menghalau gajah liar setiap malam. Jika tidak dicegah, tanaman padi dan jagung akan habis.

Kawanan gajah ini datang secara berkelompok. Dalam satu kelompok mencapai 13-20 ekor. Pekon Pemerihan dan Sumberejo merupakan  daerah perbatasan dengan hutan TNBBS. Ini menjadi lokasi jalur perlintasan gajah liar dari dalam TNBBS.

Selain merusak tanaman, dikhawatirkan gajah-gajah tersebut masuk ke pemukiman. Terlebih, daerah tersebut memang kerap menjadi sasaran serangan gajah liar. Biasanya masyarakat dibantu pihak patroli dari TNBBS menghalau kawanan gajah liar dan menggiring masuk kembali ke TNBBS. (iqb/rnn/ehl/c1/ais)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here