Rakor 5 Polda di Sumsel, Kapolri: Penting Sinergitas Antar Penegak Hukum

277
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat memimpin rakor di Palembang. Foto: Elfany/Jawa Pos.com

radarlampung.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin rapat koordinasi lintas batas regional untuk wilayah Sumatera bagian selatan. Di kegiatan yang digelar di Palembang itu, Tito menekankan bahwa pentingnya sinergitas antar penegak hukum untuk menjaga stabilitas nasional.

“Kita berpikir out of box untuk membangun organisasi dan tidak bekerja sendiri untuk mengatasi berbagai tantangan. Koordinasi dan sinergi kata yang mudah diucapkan tetapi sulit untuk diimplementasikan,” ucap dia ketika memimpin rakor yang dihadiri perwakilan dari Polda Sumsel, Polda Jambi, Polda Bengkulu, Polda Babel, Polda Lampung itu, Senin (9/1).

Menurut jenderal bintang empat ini, Polri memiliki dua kaki di bidang eksekutif dan yudikatif. Untuk eksekutif kata dia, Polri bekerja sama dengan stakeholder dan patner untuk mengamankan dan menjaga ketertiban masyarakat. “Contohnya ada pemda, TNI dan lainnya,” sambung dia.

Sementara untuk yudikatif kata dia Polri bekerjasama dengan rekan-rekan dari kejaksaan, pengadilan dan lembaga pemsayarakatan. Koordinasi lanjut dia dilakukan dengan hubungan formal dan informal.

“Hubungan formal perlu diperkuat namun hubungan informal harus dilakukan dalam hubungan personal untuk membangun trust (kepercayaan). Hubungan informal lebih murni yang kuat dalam upaya membangun kebaikan kerja ke depan,” tambahnya.

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here