Robohkan Bus Tingkat

34
LEADER: Luka Modric akan memimpin perjuangan Kroasia dalam leg pertama playoff zona Eropa melawan Yunani dini hari nanti WIB. foto goal.com

radarlampung.co.id- Dari sembilan timnas juara Eropa (Euro) minus Uni Soviet, baru empat yang telah memastikan lolos ke Piala Dunia 2018. Jerman, Spanyol, Prancis, dan Portugal. Belanda dan Republik Ceko bahkan sudah tereliminasi, sedangkan Italia, Denmark, dan Yunani punya kesempatan lolos via playoff zona Eropa.

Berbeda dengan Italia dan Denmark yang berstatus unggulan mengacu pada ranking FIFA saat undian playoff bulan lalu (17/10), Yunani sebagai juara Euro 2004 tidak diunggulkan. Kroasia yang menjadi lawan Ethniki –julukan Yunani– lebih difavoritkan. Apalagi, Vatreni –julukan Kroasia– bakal bermain kandang lebih dahulu di Stadion Maksimir dini hari nanti (10/11) sebelum ganti melawat ke Karaiskakis Stadium pekan depan (13/11).

’’Kami akan berjuang untuk menang dan clean sheet di kandang,’’ tegas pelatih Kroasia Zlatko Dalic kepada ESPN.

Untuk memenuhi misi itu, Dalic menyebut kuncinya adalah mampu tidaknya lini serang Kroasia menaklukkan pertahanan Yunani yang terkenal kukuh. Barisan pemain belakang Yunani memang dikenal disiplin dan memiliki pemain dengan postur tubuh menjulang. Sebut saja Vasilis Torosidis (186 sentimeter), Sokratis Papastathopoulos (186 sentimeter), Kyriakos Papadopoulos (183 sentimeter), dan Kostas Stafylidis (178 sentimer). ’’Seperti menghadapi bus tingkat,’’ kata pelatih 51 tahun itu.

Dalic dibuat cemas setelah bomber utama Mario Mandzukic yang berpostur jangkung (190 sentimeter) tidak berkondisi fit. Mandzo, sapaan akrab striker 31 tahun asal Juventus itu, sebelumnya baru pulih dari gangguan engkel.      Kroasia memang masih memiliki striker AC Milan Nikola Kalinic (187 sentimeter). Tetapi, Dalic lebih sreg menanti kesiapan Mandzo. Di kualifikasi, Mandzo adalah pencetak gol terbanyak Kroasia dengan 5 gol. Disusul Kalinic, Andrej Kamaric (1899 Hoffenheim), dan gelandang serang Inter Milan Marcelo Brozovic yang masing-masing mengoleksi 2 gol. (jpg/ewi)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here