Rumah Roboh, Pesta Pernikahan Bubar

Puting Beliung Sapu Dua Desa di Lamtim
475
BENCANA: Sejumlah rumah dan pohon tumbang akibat angin puting beliung yang melanda Desa Brajaasri dan Brajasakti, Wayjepara, Lamtim, kemarin. FOTO DWI P./RADAR LAMPUNG

radarlampung.co.id – Musibah angin puting beliung melanda dua desa di Kecamatan Wayjepara, Lampung Timur, kemarin. Puting beliung yang mengiringi hujan deras di wilayah setempat mengakibatkan ratusan rumah di Desa Brajaasri dan Brajasakti mengalami kerusakan.

Bencana angin puting beliung yang terjadi mulai pukul 15.00 WIB tersebut juga mengakibatkan pepohonan tumbang menimpa rumah warga. Pepohonan yang tumbang juga menimpa satu unit minibus. Tidak hanya itu, tercatat ada empat rumah roboh dan ratusan rumah rusak ringan. Bencana ini juga memorak-porandakan sebuah acara pernikahan.

Dari keterangan yang dihimpun di lapangan, musibah itu diawali dengan hujan ringan. Tidak lama kemudian, angin puting beliung muncul dan menghantam semua yang menghalanginya. Angin besar menyapu dari Desa Brajasakti ke arah Desa Brajaasri. Meski tidak terlalu lama, kerusakan yang ditimbulkan cukup besar. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Dinas Sosial Lampung Timur M. Yunus menjelaskan, dari data sementara rumah warga yang mengalami kerusakan lebih dari 100 unit. Dan untuk rumah yang mengalami kerusakan berat antara lain milik Prayit dan Sabar. ’’Kami masih melakukan pendataan. Kami juga belum memilah jumlah yang rusak berat dana rusak ringan,” kata Yunus kemarin.

Khusus di kediaman Sabar, warga Desa Brajaasri, Wayjepara, puting beliung merusak pesta pernikahan yang tengah dihelat. Angin menyapu tarup sehingga menyebabkan tamu undangan lari berhamburan.

Menurut Yunus, saat ini atas perintah Bupati Lamtim Chusnunia, tim dari pemkab yang terdiri dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulan Bencana Daerah masih berada di lokasi guna melakukan pendataan serta membantu warga yang tertimpa musibah. ’’Kami juga telah berkoordinasi dengan Pemprov Lampung,” ungkapnya.

Guna meringankan beban warga yang tertimpa musibah, sambung Yunus,  Pemkab Lamtim segera menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji dan kebutuhan pokok lainnya. (wid/c1/fik)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here