Saad Sobari Masuk Bursa Balonwabup Tanggamus

219
Saad Sobari

radarlampung.co.id – Bursa bakal calon wakil bupati (balonwabup) Tanggamus semakin ramai, khususnya di internal Partai Amanat Nasional (PAN). Selain Ketua DPD PAN Tanggamus Tedi Kurniawan dan Ketua Barisan Muda PAN Lampung Joko Santoso, kini muncul nama Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Saad Sobari.

Nama Saad muncul setelah dia lengser dari jabatan ketua harian DPW PAN Lampung. Setelah Musyawarah Luar Biasa (Muswillub) PAN Lampung di Hotel Swiss-Bel pada 17 September 2017, partai ini secara aklamasi menunjuk Zainudin Hasan sebagai ketua. Ketua sebelumnya, Bachtiar Basri, bersama Saad masuk gerbong kepengurusan DPP PAN.

Berdasarkan informasi dari internal PAN, Saad sudah melakukan komunikasi politik dengan sejumlah bakal calon bupati (balonbup). Komunikasi utamanya membidik Sekretaris DPC PDI Perjuangan Dewi Handajani. ”Sedang dibangun komunikasi, masih terus berproses. Ada fasenya kan. Menurut teori pilkada; kenal, tahu, berpasangan,” kata sumber koran ini di DPP PAN, kemarin.

Terpisah, Saad menjawab normatif soal kabar pencalonannya ini. ”Saya siap dan loyal terhadap keputusan partai,” ujarnya singkat melalui WhatsApp Messenger, kemarin.

Sekretaris DPW PAN Lampung Ahmad Iswan H Caya belum bisa berkomentar banyak soal masuknya nama Saad di bursa pencalonan Pilkada Tanggamus 27 Juni 2018. Saat ini, PAN masih mencari mitra koalisi untuk bisa mengusung pasangan calon bupati-calon wakil bupati di Tanggamus. Setelah itu, baru bersama-sama menentukan balonwabup.

”Ya kita lihat dulu lah. Bagaimana mitra koalisi bisa bersama-sama untuk mengajukan bakal calon untuk bupati maupun wakil bupatinya. Peluangnya (Saad) masih sama dengan kader internal lainnya,” kata Iswan kepada Radar Lampung melalui telepon genggamnya, kemarin.

Dia mengatakan, Tedi cukup kuat karena mendapatkan mayoritas suara dari pengurus arus bawah. Hal ini juga sudah menjadi rekomendasi dari Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I/2017 PAN Lampung di Swiss-Bell Hotel, Senin (6/11) lalu. Sementara, Joko dan Saad juga masih berpeluang menjadi balonwagub. Partai matahari terbit ini pun bakal menunggu keputusan DPP PAN.

”Peluangnya masih sama. Tedi kan aspirasi dari arus bawah. Sedangkan dari arus atas belum ada. Dalam waktu dekat kita lihat. Namanya dinamika, masih lihat ke mana, kiri-kanan, semua kewenangan DPP PAN. Pasangan Dewi-Saad juga belum jelas,” kata ketua Tim Pilkada DPW PAN Lampung ini.

Diberitakan, di Tanggamus, PAN merekomendasikan Tedi untuk maju sebagai balonwabup. Ini merupakan rekomendasi dari rakerwil. Hasil sidang komisi dalam rakerwil merekomendasikan penguatan kader untuk pilkada. Di Pilkada Tanggamus, DPW PAN Lampung merekomendasikan Tedi sebagai balonwabup. ”Sedangkan untuk calon bupatinya belum ada masukan dari suara internal,” kata Iswan.

Iswan mengatakan, sebagian besar kader di Tanggamus memang menginginkan Tedi untuk menjadi balonwagub. Langkah selanjutnya setelah rekomendasi ini, maka PAN akan mencari mitra koalisi dalam pilkada. (dna/c1/gus)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here