Samsul Ambil Alih Tugas Bambang

- Advertisement -

radarlampung.co.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengambil sikap soal jabatan bupati Tanggamus yang diemban Bambang Kurniawan.

Mendagri Tjahjo Kumolo memberhentikan sementara Bambang yang saat ini berstatus sebagai terdakwa kasus gratifikasi APBD Tanggamus. Dia diberhentikan sementara hingga proses hukumnya berkekuatan hukum tetap.

Hal itu terangkum dalam Keputusan Mendagri (Kepmendagri) Nomor 131.18-2900 Tahun 2017 yang ditetapkan pada 18 April 2017. Berdasarkan kopi surat yang beredar di kalangan wartawan, surat tersebut dicap basah Kemendagri dan juga ditandatangani Sekretaris Dirjen Otda Kemendagri Anselmus Tan.

’’Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan berlaku surut terhitung sejak tanggal 2 Maret 2017. Dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan, akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya,” tulis Tjahjo dalam surat tersebut.

Sedangkan untuk melaksanakan tugas dan wewenang bupati Tanggamus, Tjahjo menunjuk Wakil Bupati Samsul Hadi.

Salinan petikan Kepmendagri tersebut antara lain ditembuskan ke Presiden RI Joko Widodo, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo,  ketua DPRD Tanggamus, hingga Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara di Bandarlampung. Total ada 17 instansi pusat dan daerah yang mendapat salinan petikan keputusan itu.

Saat dikonfirmasi via ponselnya, Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi menyatakan belum menerima Kepmendagri dimaksud. Namun, kata dia, surat tersebut rencananya diambil oleh Biro Otonomi Daerah (Otda) Setprov Lampung hari ini.

’’Jadi informasi yang kami dapat dari Kemendagri, surat tersebut baru bisa diambil besok sore (sore ini, Red) di provinsi,” terang Samsul.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setprov Lampung Chandri membenarkan rencana Biro Otda untuk menjemput bola Kepmendagri tersebut.

Dijelaskannya, staf Biro Otda telah berangkat ke Kemendagri untuk mengambil salinan keputusan tersebut. ’’Staf saya sudah berangkat tadi (kemarin, Red) untuk menjemput SK (surat keputusan) itu. SK-nya sudah di tangan. Besok saja kalau mau detailnya,” kata dia saat dikonfirmasi via ponsel semalam.

- Advertisement -
loading...

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY