Sikapi Pilgub, Masyarakat Diminta Jangan Apatis

138
ilustrasi

MESUJI – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Mesuji mengingatkan masyarakat untuk tidak bersikap apatis. Melainkan aktif mengawasi pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung 2018.

’’Ikut mengawasi pelaksanaan hingga penetapan pemilihan menjadi hal yang harus dilakukan agar pemilu lebih berkualitas,” kata Ketua Panwaslu Mesuji Apri Susanto Radar Lampung di kantornya.

Menurut dia, ada dua strategi pengawasan yang dapat dilakukan. Yakni pencegahan dan penindakan. Untuk pencegahan, dilakukan sejak hulu dengan memberikan peringatan sejak awal kepada masyarakat. ’’Sedangkan pencegahan hilir dengan melakukan pengawasan melekat terhadap sub tahapan yang dipetakan berpotensi menimbulkan pelanggaran dan sengketa,” ujarnya.

Sebab menurutnya, pengawas pemilu mempunyai tugas dan wewenang untuk menerima laporan pelanggaran pemilihan berdasarkan tempat terjadinya pelanggaran yang dilaporkan. Laporan pelanggaran disampaikan kepada Panwaslu.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mesuji menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada Lampung 2018, meningkat. Selama ini tingkat partisipasi pemilih di Mesuji dinilai masih rendah. Ketua KPU Mesuji Saiful Anwar mengatakan, tingkat partisipasi pemilih pada Pilbub pada 15 februari 2017 lalu di mesuji 70 persen, sehingga pihaknya berupaya meningkatan partisipasi dengan melakukan sosialisasi hingga ke pelosok Mesuji, mulai turun langsung ke lapangan, hingga melibatkan berbagai pihak untuk menyadarkan pentingnya terlibat dalam pesta demokrasi.

Termasuk sosialisasi ke sekolah dan pondok pesantren dilakukan, dengan harapan pemilih pemula yang sudah mendapatkan hak pilih dapat menyalurkan aspirasinya pada Pilkada 2018. ’’Kami juga tengah melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk memastikan jumlah pemilih tetap saat pelaksanaan Pilgub Lampung nanti,” katanya.

Dia menjelaskan, koordinasi tersebut dilakukan untuk menyaring penduduk yang sudah meninggal namun masih terdata sebagai pemilih. Pihaknya berharap partisipasi pemilih di Mesuji meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. (muk/sur)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here