Target 2019, Kodim Lamtim Diresmikan

Tim Survei Kodam II/Sriwijaya Tinjau Calon Lokasi
139
TINJAU LANGSUNG: Tim survei dari Kodam II Sriwijaya saat meninjau percepatan pembangunan Makodim Lampung Timur kemarin (12/7). FOTO DWI PRIHANTORO/RADAR LAMPUNG

radarlampung.co.id – Harapan masyarakat Lampung Timur (Lamtim) agar di wilayahnya terdapat markas komando distrik militer (kodim) segera terwujud. Ini menyusul kedatangan tim survei dari Komando Daerah Militer (Kodam) II/Sriwijaya untuk meninjau percepatan pembangunan Makodim Lamtim kemarin.

Kedatangan rombongan tim survei yang dipimpin Waasrendam Kodam II/Sriwijaya Letkol Inf. Edi Prayitno didampingi Kasilog Korem 043/Garuda Hitam Letkol Inf. Prabowo serta Dandim 0411 Letkol Jajang Kurniawan serta disambut Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Tarmizi dan jajaran.

Menurut Tarmizi, sudah sejak lama Pemkab Lamtim dan masyarakat menginginkan adanya Makodim dan beberapa Koramil tambahan.

“Untuk  mewujudkan itu, Pemkab Lamtim telah berupaya dengan menyediakan lahan dan pendanaan,” sebutnya.

Bahkan, lanjutnya, sejak September 2016 lalu Pemkab Lamtim telah melaksanakan pembangunan calon Makodim di Sukadana dan kini telah selesai.

“Kami berharap, Makodim Lamtim segera diresmikan,” kata Tarmizi.

Sementara Letkol Inf. Edi Pryitno menyatakan, kedatangannya ke Lamtim bertujuan melakukan survei lokasi rencana peruntukkan Kantor Kodim Lamtim dan beberapa Koramil tambahan. Yakni, Koramil Marga Tiga, Way Bungur, Labuhan Ratu dan Koramil Bandar Sribhawono.

Sebenarnya, lanjut Letkol Inf. Edi Prayitno, Lamtim tidak termasuk dalam Renstra 2015/2019  TNI AD terkait pengembangan satuan.  Namun,  ketika mendapat info dari Dandim 0411 tentang keinginan masyarakat dan Pemkab. Bahkan, bangunan Makodim Lamtim sudah siap. Karenanya, Kodam II Sriwijaya langsung berkoordinasi ke  Mabes TNI AD. Hasilnya, berdasarkan kebijaksaan TNI AD direncanakan paling lambat 2019, Makodim Lamtim sudah dapat diresmikan.

Selain itu, Kepala Staf Angkatan Darat sudah mengajukan rancangan Peraturan Penglima tentang pengesahan Kodim Lamtim. Kemudian untuk percepatan peresmiannya, Edi  berharap proses hibah atas lahan dan bangunan Makodim segera diselesaikan.

“Bila proses hibah sudah terlaksana dengan tuntas diharapkan tidak ada permasalahan di kemudian hari.  Selain itu, bila proses hibah sudah selesai tentunya TNI AD dapat mengajukan anggaran untuk perawatan dan penambahan sarana dan prasarna pendukungngnya,” harapnya. (wid/c1/wan)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here