Tidak Sanggup, Mundur atau Pindah!

754
LIHAT LANGSUNG: Bupati Zainudin Hasan melihat aktivitas pelayanan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Selatan kemarin. Ini dilakukan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait pelayanan di tempat itu. FOTO DISKOMINFO LAMPUNG SELATAN

radarlampung.co.id – Laporan masyarakat terkait pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan  Sipil (Disdukcapil) Lampung Selatan menjadi perhatian Bupati Zainudin Hasan. Kemarin (18/4), ia langsung mendatangi kantor satuan kerja itu.

’’Saya dapat laporan melalui media sosial (medsos) soal buruknya pelayanan pegawai di sini (Disdukcapil, Red). Saya minta seluruh ASN menjaga tata krama saat melayani masyarakat,” tegas Zainudin dalam arahannya.

Ia berharap pegawai mengarahkan dan memberi penjelasan kepada masyarakat. ”Kalau mereka marah, cukup diamkan saja dan beri penjelasan. Ingat, sektor pelayanan mengedepankan sikap penuh tata krama dan sopan santun kepada masyarakat,”  sebut dia.

Dia juga tidak membantah ada banyak laporan terhadap pelayanan di Disdukcapil. Khususnya, bagi ASN yang terkadang bersikap acuh tak acuh kepada masyarakat saat menanyakan soal KTP elektronik (E-KTP).

“Apapun bentuk aduan yang menjadi keluhan masyarakan akan saya tindaklanjuti. Kalau tidak ingin ditanya masyarakat, silahkan pasang papan pengumuman mengenai persoalan yang terjadi. Misalnya ada gangguan atau ada yang rusak,” imbuhnya.

Lebih lanjut Zainudin menegaskan, bagi pegawai yang sudah tidak sanggup lagi bekerja, baik sebagai staf maupun operator di Disdukcapil, disarankan agar mengundurkan diri atau pindah. ”Kalau memang sudah merasa tidak kuat untuk bekerja di sini, silahkan usulkan pindah melalui kepala dinas. Bisa kita pindahkan nanti,” kata dia.

Pada bagian lain, aksi kriminalitas, khususnya pencurian kendaraan bermotor (curanmor)  yang terjadi di Lamsel tak luput dari perhatian Zainudin. Ia mengaku banyak kelemahan dalam menjaga keamanan di lingkungan pemkab.

Karena itu. Zainudin berencana menambah personel Satpol PP untuk menjaga keamanan lingkungan perkantoran. ”Kalau di lingkungan pemkab, kami akui ada berbagai kelemahan. Kalau saya lihat, pengamanan Satpol PP lemah. Begitu juga dari sektor kebersihan,” kata Zainudin.

Dia mengajak semua jajaran ikut peduli dengan situasi yang terjadi saat ini. Dengan begitu lingkungan menjadi aman dan tidak ada lagi warga yang menjadi korban kejahatan. ”Pola kerja saya ini berbeda. Dimana, yang ada kelemahan akan kita evaluasi. Misalnya ada camat yang lemah, kita ganti atau pindah di posisi yang lain,” urainya.

Lebih lanjut Zainudin mengungkapkan, rekrutmen Satpol PP itu nantinya akan diberlakukan bagi mereka yang memiliki keahlian khusus. “Kita akan seleksi terbuka. Misalnya, Satpol PP nanti yang kita ambil harus pandai bela diri,” kata dia. (idh/rnn/c1/ais)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here