Tiga Kabupaten Deklarasi Bebas Narkoba

260
Kapolda Lampung Irjen Suroso Hadi Siswoyo memberikan nasehat kepada mantan bandar dalam deklarasi zona bebas narkoba di Desa Kejadian, Kecamatan Tegineneng, Pesawaran, Senin (23/10). FOTO FAHRURROZI/RADAR LAMPUNG

radarlampung.co.id – Direktorat Narkoba Polda Lampung mencatat angka penyalahgunaan narkoba di provinsi ini mencapai 89.046 ribu orang. ’’Sehingga, Lampung masuk peringkat 10 besar dari 34 provinsi di Indonesia dalam penyalahgunaan narkoba tersebut,” ungkap Kapolda Lampung Irjen Suroso Hadi Siswoyo saat menyampaikan sambutan pada acara deklarasi zona bebas narkoba di Desa Kejadian, Kecamatan Tegineneng, Pesawaran, Senin (23/10).

Menyikapi kondisi yang sudah darurat ini, jelasnya, Polda Lampung beserta jajaran, stakeholder, dan instansi terkait pun gencar melakukan berbagai upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba secara masif dan berkesinambungan. Hal itu, menurutnya, dibuktikan dengan besarnya pengungkapan kasus narkoba di Lampung.

Seperti dalam kurun waktu tiga tahun terakhir dari 2015 hingga 2017 saja, tukasnya, berhasil mengungkap banyak kasus narkoba. Rinciannya pada 2015  terjadi 1.251 kasus dengan melibatkan 1.389 pelaku, kemudian 2016 mengungkap 1.195 kasus dengan melibatkan 1682 tersangka. Sedangkan hingga Oktober 2017, jajarannya berhasil ungkap kasus sebanyak 1.377 yang melibatkan 1.966 tersangka.

“Saya tidak merasa bangga ketika menginjak 2018. Angka ini akan meningkat. Tetapi dengan niat dan semangat dibarengi deklarasi Saudara dari Desa Kejadian dan Negararatu Wates,  kita optimis bisa memberantasnya,”tegasnya.

Terpisah dan dalam waktu bersamaan kemarin, Polres Lampung Utara (Lampura) juga menggelar deklarasi dan penandatanganan fakta integritas pembentukan zona bersih narkoba di Dusun Tanah Miring, Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan.
Selain Kapolres Kapolres Lampura AKBP Eka Mulyana, hadir juga dalam deklarasi tersebut Wakil Bupati Lampura Sri Widodo, Dandim 0414 Letkol Inf R.D. Bahtiar Kurniawan, dan sejumlah anggota DPRD Lampura, para kapolsek, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda Desa Tanah Miring.

Tidak hanya Pesawaran dan Lampura, Kapolres Lamteng AKBP Purwanto Puji Sutan pun menetapkan Kampung Indraputra Subing Kecamatan Terbanggibesar resmi sebagai Kampung Zona Bebas Narkoba. ”Sudah ada kesepakatan dari tokoh dan komponen masyarakat siap untuk bebas dari narkoba. Awalnya diduga di sini banyak bandar narkoba, diharapkan nanti zero narkoba,” katanya.

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here