Waspada! Ini Tiga Kecamatan Rawan DBD

Ilustrasi
- Advertisement -

radarlampung.co.id – Dinas Kesehatan Mesuji memetakan tiga daerah rawan serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) akibat cuaca tak menentu akhir-akhir ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Budiman Nainggolan menjelaskan, tiga daerah itu ada di Kecamatan Simpang pematang, Mesuji, dan Tanjungraya. Indikatornya adalah kepadatan masyarakat dan kekumuhan tempat tinggal warga.

Menurutnya walapun saat ini belum ada masyarakat yang berobat karena terserang DBD, pihaknya telah mengantisipasi melalui sosialisasi. Juga menyediakan sejumlah obat-obatan dalam menghadapi. Pihaknya pun menurunkan petugas kesehatan ke tiga kecamatan tersebut.

Selain itu di setiap puskesmas disediakan berbagai obat untuk mengantisipasi serangan DBD. Bila masyarakat merasa menggigil atau sakit, ia meminta cepat berobat ke puskesmas. Obat diberikan secara gratis dan petugas kesehatan kecamatan juga akan melakukan pengasapan di sekitar rumah warga. Khususnya dekat dengan daerah rawa-rawa yang masih banyak tergenang airnya.

Dia mengimbau masyarakat membersihkan lingkungan dengan menyingkirkan air yang menggenangi sekitar rumah. Termasuk membuang dan mengubur kaleng yang menampung air.

”Karena itu semua akan berpotensi menjadi sarang nyamuk. Sebab itu, kita sangat mengharapkan peran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan memberdayakan lingkungan dengan hidup sehat. Baik secara perorangan maupun berkelompok,” imbuhnya. (muk/rnn/c1/ade)

- Advertisement -
loading...

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY