1.000 Kupon Pasar Murah untuk Warga Gedongtataan

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id – Dinas Ketahanan Pangan Pesawaran dan Pemprov Lampung menggelar pasar murah di halaman Islamic Center setempat, Kamis (23/5). Ada sekitar 1.000 kupon yang dibagikan kepada warga kurang mampu di Kecamatan Gedongtataan.

Pasar murah ini didukung sejumlah perusahaan. Harga bahan pokok yang dijual di bawah harga pasaran. Seperti telur Rp21 ribu per kilogram; beras premium Kita dan GL lima kilogram dijual seharga Rp55 ribu, minyak goreng satu liter Rp10 ribu, gula curah Rp11 ribu per kilogram, tepung Rp9 ribu per kilogram, bawang putih Rp30 ribu per kilogram dan daging sapi Rp80 ribu per kilogram.

Sekretaris Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan, pasar murah ini rutin dilaksanakan menjelang hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun baru. ”Karena ada kecenderungan tingkat kebutuhan masyarakat meningkat. Terutama bahan pokok,” kata Kesuma membacakan sambutan.

Ia juga berharap perusahaan, terutama skala besar agar ikut berpartisipasi atau paling tidak menyelenggarakan pasar murah dilingkungannya. ”Pelaku usaha, terutama distributor, grosir, agen, pengecer untuk tidak menaikkan harga di luar perhitungan wajar. Kemudian menghindari tindakan yang bersifat spekulatif. Sebab ini akan merugikan semua pihak,” tegsnya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pesawaran Yun Yono mengatakan, ada dua sistem dalam kegiatan pasar murah. Yakni dengan menggunakan kupon. Artinya warga mendapat subsidi. Lalu non kupon, barang dijual di bawah harga pasaran. (ozi/ais) 




  • Bagikan