1.300 Siswa SMP se-Bandarlampung Kerjakan Soal dengan Smartphone

  • Bagikan
Sebanyak 1.300 siswa SMP negeri dan swasta sederajat se-Bandarlampung saat mengikuti SOC di Aula SMPN 16 Bandarlampung. Foto Aprohan Saputra/Radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id –  Sebanyak 1.300 siswa kelas IX SMP/MTs/MI negeri dan swasta se-Bandarlampung mengikuti Student Online Competition (SOC) di Aula SMPN 16 Bandarlampung, Sabtu dan Minggu (23-24/2).

Kepala Disdikbud Bandarlampung Ir. Daniel Marsudi menjelaskan, SOC merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandarlampung dengan PT Sudasa – Cloud Computing Developer.

“Kegiatan bertujuan mengasah kemampuan berfikir siswa dalam mengerjakan soal, guna menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Terdapat empat mata pelajaran yang diujikan di sana,” terangnya kepada radarlampung.co.id, Sabtu (23/2).

Lebih lanjut, SOC merupakan salah satu metode sebagai proses belajar pada dunia pendidikan di era modern dalam meningkatkan kualitas pendidikan peserta didik dalam memperoleh ilmu pengetahuan.

Baca Juga:   Itera-Unila Bahas Kerjasama Akademik

“SOC adalah metode menguji kemampuan berfikir siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar di sekolahnya. Kerjasama keduabelah pihak ini sangat baik dan patut diapresiasi kita semua,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, CEO & Founder PT Sudasa – Cloud Computing Developer Danu Saputra menjelaskan, soal yang diberikan kepada peserta SOC bersifat olimpiade dan berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau membutuhkan penalaran tingkat tinggi.

“Siswa mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika menggunakan smartphone dibantu dengan selembar kertas dan alat tulis,” terangnya.

Dari 1.300 peserta yang mengikuti, panitia akan mengambil 300 peserta untuk mengikuti semifinal. Selanjutnya peserta tersebut disaring kembali menjadi 25 peserta mengikuti final. Dari 25 peserta mengikuti final, keluar sebagai juara 6 peserta. (apr/kyd)




  • Bagikan