1.752 Polmas Bantu Deteksi Masalah Keamanan di Lamteng

  • Bagikan
Sebanyak seribu lebih polmas Lamteng bakal membantu polisi mendeteksi adanya permasalahan sosial. Foto Syaiful Mahrum/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id. – Sebanyak 1.752 Polmas Jusi Mitra Kamtibmas Lampung Tengah dikukuhkan di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Selasa (5/11). Polmas dibentuk bertujuan terwujudnya komitmen polisi dan masyarakat yang didasarkan pada kesepakatan bersama untuk menangani masalah sosial yang dapat mengganggu kamtibmas guna menciptakan rasa aman, tertib, dan tenteram.

Ketua Polmas Jusi Mitra Kamtibmas Lamteng Kusuma Riyadi mengajak masyarakat melalui kemitraan dalam rangka memelihara kamtibmas. “Kemudian membantu masyarakat mengatasi masalah sosial di lingkungannya dalam rangka mencegah terjadinya gangguan kamtibmas; mendeteksi, mengidentifikasi, menganalisis, menetapkan prioritas masalah, dan merumuskan pemecahan masalah kamtibmas; dan bersama masyarakat menerapkan hasil pemecahan masalah kamtibmas,” katanya.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto berharap Polmas dapat menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak yang berkompeten menciptakan keamanan di Lamteng. “Jalin kerja sama yang baik dengan pihak yang berkompeten menciptakan keamanan di Lamteng,” katanya.

Baca Juga:   Mutasi Pamen Polda Lampung, Kapolresta Turut Dirolling, Ini Daftarnya

Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma Jemy menyatakan Polmas adalah mitra strategis Polres Lamteng dalam upaya menjaga situasi kamtibmas. “Mitra strategis dalam membantu upaya menjaga situasi kamtibmas di Lamteng. Ini agar Lamteng aman dan kondusif,” ujarnya.

Jika ada persoalan di tengah masyarakat, kata Made, Polmas ada kewenangan-kewenangannya sesuai aturan yang berlaku. “Kewenangannya sesuai aturan yang berlaku. Jika masalah yang sifatnya ringan bisa diselesaikan melalui forum Polmas. Jika masalahnya yang menyebabakan kerugian jiwa atau sifatnya berat diselesaikan melalui prosedur hukum,” ungkapnya. (sya/wdi)




  • Bagikan