1 Ditangkap, 2 Buaya Masih Berkeliaran

  • Bagikan
Buaya Muara yang ditemukan warga di Pantai Marina, Merakbelantung, Lampung Selatan (Lamsel). Foto IST

radarlampung.co.id – Buaya Muara berukuran 3 meter ditemukan warga di Pantai Marina, Merakbelantung, Lampung Selatan (Lamsel), Sabtu (5/1). Saat ini, buaya tersebut sudah diamankan di BKSDA Wilayah III Bengkulu-Lampung.

Kepala BKSDA Bengkulu-Lampung Teguh melalui Polisi Kehutanan BKSDA Lampung Selatan Suhairul mengatakan bahwa buaya tersebut ditemukan warga setempat saat sedang mencari ikan.

“Iya, itu pagi-pagi ada warga yang sedang mencari ikan dan melihat ada buaya. Nelayan itu langsung memanggil warga yang lain untuk menangkapnya. Ukurannya sekitar 3 meter dan itu buayanya masih muda,” katanya melalui sambungan telpon, Minggu (6/1).

Namun, sambungnya, berdasarkan pengakuan nelayan saat menangkap buaya tersebut, masih ada dua buaya lainya yang dilihat warga. “Iya kata warga yang lihat itu, ada dua lainnya yang sama ukurannya seperti itu,” tambahnya.

Baca Juga:   Rapid Tes Antigen, 19 Pegawai Pemkab Tanggamus Reaktif, Salah Satunya Kepala OPD

Suhairul menduga, buaya tersebut berasal dari muara Teluk Nipah dan terseret karena besarnya ombak pasca tsunami yang melandda daerah tersebut. “Sebelumnya belum pernah ada laporan dari masyarakat, baru sekarang ini saja. Bisa jadi dia kesapu tsunami kemari,” ujarnya.

Terlebih, kondisi buaya tersebut ada beberapa bekas luka yang diduga akibat seretan air tsunami. “Sebelum dibawa ke balai konservasi, sudah kita cek buayanya. kondisinya masih bagus, memang ada beberapa luka mungkin itu bekas bencana yang lalu,” tandasnya. (mel/kyd)



  • Bagikan