10 ASN Pemkot Bandarlampung Ajukan Cuti Tahunan


Kepala BKD Bandarlampung Herliwaty. Foto: Prima Imansyah Permana/Radarlampung.co.id
Kepala BKD Bandarlampung Herliwaty. Foto: Prima Imansyah Permana/Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah telah menetapkan libur bersama Lebaran / Hari Raya Idulfitri 2022. Para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa libur lebih lama saat Lebaran/Hari Raya Idulfitri 2022 karena boleh menambah cuti.

Pemerintah telah menetapkan libur bersama Lebaran/Hari Raya Idulfitri 2022 selama 4 hari. Libur bersama Lebaran/Hari Raya Idufitri 2022 adalah pada 29 April, 4 Mei, 5 Mei, dan 6 Mei mendatang.





Selain libur bersama, liburan PNS bisa lebih panjang dengan menambah cuti. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengeluarkan aturan yang membolehkan PNS penambahan cuti Lebaran 2022.

Aturan yang membolehkan PNS menambah cuti Lebaran 2022 ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2022 tentang Cuti Pegawai Aparatur Sipil Negara Selama Periode Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Terkait hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bandarlampung Herliwaty menyebutkan, ada 32 ASN yang mengajukan cuti selama April 2022, yang terbagi dari cuti tahunan sebanyak 10 orang, cuti alasan penting 3 orang, cuti sakit 2 orang, dan cuti bersalin 17 orang.

“Yang mengajukan cuti mormal saja sih, karena cuti melahirkan dan beberapa yang cuti tahunan,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, Kamis (28/6).

ASN di Pemkot Bandarlampung sendiri kata Herliwaty sebanyak 13.847 orang. Dengan cutinya sekitar 32 orang tersebut tentu tidak akan mengganggu kinerja dari organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kalau cuti tahunana ini ya ASN yang tambah libur dari cuti lebaran. Ada yang diambil sebelum dan sesudah lebaran. Kalau Eselon II gak ada yang mengajukan cuti,” tuturnya.

Tidak banyaknya ASN yang mengajukan cuti tahunan pada libur Idul Fitri 1443 H ini, menurutnya karena libur dan cuti bersama ASN yang didapat sudah cukup lama.

“Karena liburnya sudah cukup panjang. Untuk cuti alasan penting itu dikarenakan ASN tengah menjalankan umrah,” ucapnya. (pip/sur)