10 Kampung di Tuba Blankspot

  • Bagikan
Blankspot
Ilustrasi Pixabay.com

Radarlampung.co.id – Sebanyak 10 Kampung di Kabupaten Tulangbawang (Tuba) disebut memiliki akses internet buruk. Bahkan belum terjangkau internet sama sekali sehingga menjadi daerah blankspot.

10 kampung tersebut tersebar di empat kecamatan. Seperti Menggala Timur: Kampung Sungai Luar dan Bedarou Indah. Rawajitu Timur: Kampung Bumi Sentosa, Bumi Dipasena Utama, dan Bumi Dipasena Abadi. Meraksaaji: Kampung Kecubung Raya, Mulyo Aji, dan Marga Jaya. Rawapitu: Kampung Gedung Jaya dan Panggung Mulyo.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tulangbawang Dedy Palwadi menjelaskan, untuk mengatasi persoalan ini dibutuhkan kolaborasi yang baik antara pemerintah dan pihak swasta.

Menurut Dedy, 10 kampung tersebut tidak sepenuhnya blankspot. Terdapat beberapa kampung yang terjangkau jaringan telepon seluler, namun untuk jaringan telekomunikasi internet buruk.

Baca Juga:   Polres Tuba Limpahkan Kasus Dugaan Korupsi DD ke Kejaksaan

“Kita sudah coba komunikasi dengan beberapa provider agar mereka mau memasang tower BTS (Base Transceiver Station). Hanya kita tidak bisa memaksa,” katanya kepada Radarlampung.co.id, Kamis (21/10).

Meski begitu, ketika ada provider yang mengirimkan izin untuk mendirikan tower baru, Diskominfo Tulangbawang akan memberikan rekomendasi pemasangan di dekat wilayah kampung-kampung tersebut.

Akan tetapi, jika pihak provider tersebut sudah menentukan titik pemasangan, Diskominfo tidak bisa mengintervensi untuk memindahkannya.

Dedy menerangkan, pemerintah memiliki opsi lain yakni dengan membangun fiber optic (FO), bekerjasama dengan pihak swasta agar bisa menjangkau seluruh wilayah di Tulangbawang. Namun hal tersebut terkendala dengan anggaran.

“Untuk kesana (kerjasama dengan swasta membangun FO), jujur kita dua tahun terakhir sedang susah karena anggaran banyak yang dialihkan untuk penanganan Covid-19. Namun tidak apa-apa, karena kesehatan dan keselamatan masyarakat tetap menjadi prioritas utama ibu Bupati (Winarti) dan pemerintah daerah,” jelasnya.

Baca Juga:   Pukuli Anak Kecil, Remaja Ditangkap Polisi

Kedepan, lanjut Dedy, Diskominfo Tulangbawang akan terus menjalin komunikasi dengan pihak swasta agar bersedia dan mau membangun tower BTS di beberapa wilayah yang jaringan telepon seluler dan jaringan internetnya buruk. (nal/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan