10 Ribu Kendaraan Pemudik Masuk Jalan Tol

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) jalur Bakauheni-Terbanggibesar sudah dapat dilalui kendaraan pemudik. Hingga H-5, diprediksi sudah 10 ribu kendaraan pemudik yang masuk jalan tol.

Kepala Operasional JTTS Lampung Hanung Hanindito mengatakan, dari 140 km ruas Bakauheni-Terbanggibesar yang sudah beroperasi adalah satu dari KM 0 sampai KM 9 Pelabuhan Bakauheni menuju Desa Hatta.

“Dan kedua yakni menuju Lematang-Kotabaru,  sisanya kami siapkan Infrastruktur jalan bisa dilalui fungsional oleh pemudik,” ujarnya kepada radarlampung.co.id, Minggu (10/6).

Untuk tarif hingga saat ini, kata Hanung, masih nol rupiah tidak ada tarif yang di berlakukan untuk melewati tol ini sampai ada dengan keputusan dari Kementerian PUPR. “Tapi yang jelas kami menunggu peraturan presiden dimana harus menyambung terlebih dahulu jalan tol baru dapat dikenakan tarif,” jelasnya.

Baca Juga:   Ombak 2 Meter Terjang Empat Rumah

Sementara itu, untuk tolgate di gerbang Bakauheni Selatan pihaknya telah menyediakan 5 gardu, Bakauheni Utara 4 gardu jadi ada 9 gardu Tolgate.

“Sedangkan di Lematang 6 gardu, dan Kota Baru ada 4 gardu jadi total ada 19 gardu, semua telah dibuka,” kata dia.

Masih kata dia, terkait penerangan lampu jalan, ia mengklaim bahwa telah lolos uji dan layak operasi jadi perlengkapan rambu dan lampu sudah disiapkan.

“Kami juga menyediakan tempat istrahat sementara dan membuka bengkel dan menyediakan BMM dari Pertamina serta klinik gratis, kami buka disetiap gerbang Tol,” jelasnya.

Dia menambahkan, selama opersional sudah mengalami kenaikan kendaraan yang melintas melalui jalur tol, ia memperkirakan  kenaikan tadi malam sekitar 10 ribuan kendaraan yang masuk.

Baca Juga:   Delapan Reklame Ditempel Stiker Tak Bayar Pajak dan Terancam Ditebang

“Kalau peningkatan kendaraan itu sampai 200 persen dibandingkan hari biasa dan kemungkinan ini akan meningkat pada Senin (11/6) besok, karena nanti kendaraan besar tidak boleh lagi masuk melewati jalur tol,” pungkasnya. (ndi/gus)




  • Bagikan