101 Tersangka Digulung Polda Lampung Selama Ops Ketupat Digelar, Lima Serahkan Diri

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Polda Lampung menggelar rilis Operasi Ketupat Krakatau 2018 yang digelar selama 18 hari Polda Lampung bersama jajarannya berhasil menangkap 101 orang tersangka, di Mapolda Lampung, Senin, (25/6).

Kapolda Lampung Irjen Suntana menjelaskan, kasus yang berhasil diungkap selama pelaksanaan operasi ada 110 kasus. Dengan rincian kasus Curat ada 30 perkara dengan total sebanyak 30 dengan total 37 pelaku, kasus Curas sebanyak 55 kasus dengan tersangka 40 orang, kasus curat ranmor sebanyak 15 kasus dengan tersangka 11 orang.

“Dan ada 19 orang tersangka yang kami lakukan tindakan tegas terukur, dan dua diantaranya meninggal dalam perjakanan ke rumah sakit yakni tersangka bernisial H dan DI, keduanya tersangka curas Ranmor di wilayah Katibung Lampung Selatan dan Way Awi, Pekon Kandang Besi, Tanggamus,” ujarnya.

Baca Juga:   Mutasi Pamen Polda Lampung, Kapolresta Turut Dirolling, Ini Daftarnya

Dari para tersangka, lanjut Suntana, pihaknya mengamankan barang bukti berupa senpi ilegal sebanyak satu kasus dengan tersangka 1 orang, kasus sajam sebanyak 4 kasus dengan tersangka 4 orang,

“Sedangkan kasus pembunuhan sebanyak 2 kasus dengan tersangka 2 orang dan kasus pemerasan sebanyak 3 kasus dengan tersangka tiga orang,” kata dia.

Masih kata Suntana, keberhasilan ungkap kasus ini tidak lain menekan gangguan kamtibmas yang mana langkah yang diambil melalui patroli dan unting sistem.”Kami lakukan ini tidak lain untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada para pemudik,” ungkapnya.

Selain itu, ada lima pelaku begal asal Lampung Timur yang telah menyerahkan diri ke polda Lampung. Kelimanya menyerahkan diri berkat bantuan dari pemangku adat yang ada di Lampung Timur.

Baca Juga:   Kapolresta Bandarlampung Diganti

“Ya mereka menyerahkan diri, atas bantuan para pemangku adat yang ada dan juga berkat anggotanya yang melakukan hunting dan melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat,” ungkapnya.

Dalam ekspose hasil operasi ketupat krakatau 2018 Polda Lampung turut dihadiri Pangdam ll / Sriwijaya Mayor Jenderal TNI AM. Putranto, Danrem Gatam 043 Kolonol Kav Erwin Jadmiko, Kabinda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan Kesbangpol. (ndi/ang)




  • Bagikan