101 Warga Kurang Mampu Ikuti Sidang Isbat Terpadu

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Mesuji Khamami menghadiri acara pelayanan sidang isbat terpadu bagi masyarakat Mesuji yang kurang mampu namun belum memiliki buku nikah. Acara digelar di aula sekretariat Pemkab Mesuji, Desa Brabasan, Kecamatan Tanjungraya, Kamis (27/12)

Sidang bakal berlangsung selama dua hari, 27-28 Desember 2018 dan diikuti 101 pasangan belum memiliki buku nikah.


Khamami mengakui bahwa saat ini masih ada pernikahan yang belum tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA). Sehingga pasangan tersebut tidak memiliki buku nikah. Dijelaskannya dengan tidak dimilikinya buku nikah akan berakibat pada permasalahan dalam mengurus berbagai dokumen keluarga yang dibutuhkan, seperti Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

Oleh karena itu, sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang belum memiliki dokumen pernikahan, Pemkab Mesuji menyelenggarakan sidang isbat. Dengan tujuan mewujudkan tertib administrasi kependudukan guna memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status hukum atas keluarga.

Selain itu, lanjut Bupati, pembangunan dapat terlaksana karena masyarakat dan pemerintah saling bergandengan tangan dan saling mendukung. “Walaupun di kabupaten ini banyak perbedaan baik agama maupun suku, tapi jadikan perbedaan ini sebagai alat perekat, bukan dijadikan alat pemecah belah,” imbaunya.

Bupati berharap sidang isbat ini dapat diselenggarakan secara berkelanjutan, agar tidak ada lagi masyarakat Mesuji yang tidak mempunyai akta nikah yang lengkap.

“Saya yakin penyelenggraan sidang isbat ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, serta dapat meningkatkan kesadaran hukum akan pentingnya kepemilikan buku nikah,” katanya. (muk/sur)




  • Bagikan