133 Napi Peroleh Remisi Khusus Lebaran

Mustawan Ka Rutan Sukadana/Istimewa

radarlampung.co.id – Rumah Tahanan (Rutan) Sukadana mengusulkan pengurangan masa tahanan atau remisi khusus (RK) Idul Fitri 1439 H bagi 133 narapidana.

Kepala Rutan Sukadana Mustawan menjelaskan, remisi khusus Idul Fitri terbagi dalam dua katagori. Masing-masing RK 1 sebanyak 129 orang. Rinciannya, remisi 15 hari 71 napi, 1 bulan 57 napi dan 1 bulan 15 hari 1 napi.

BACA  Herman HN - Sutono Manfaatkan Lebaran untuk Pererat Silaturahmi

Kemudian RK2 sebanyak 4 napi berupa pengurangan masa l penahana  selama 1 bulan.  “Yang mendapat RK2 langsung bebas tepat di hari raya Idul Fitri,” jelas Mustawan kepada radarlampung.co.id, Kamis (14/6).

Dilanjutkan, dasar untuk mengusulkan RK terhadap para napi bukan didasarkan atas suka dan tidak suka atau karena adanya kedekatan dengan petugas. Namun, pemberian remisi  telah diatur melalui peraturan perundangan. Antara lain, RK Idul Fitri hanya untuk napi yang bergama Islam. Kemudian, berkelakuan baik dan telah menjalani masa penahanan lebih dari 6 bulan.

BACA  Diduga Sopir Mengantuk, Bus Puspa Jaya Kecelakaan di Jalinsum

Menurutnya, berkelakuan baik juga dibuktikan para napi tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu 6 bulan terakhir sebelum terhitung tanggal pemberian remisi. Kemudian, para napi yang diusulkan juga telah mengikuti program pembinaan yang diselenggaran Rutan Sukadana dengan predikat baik.

BACA  Pemudik Pejalan Kaki Asal Jawa Padati Bakauheni

“Dari 133 napi yang diusulkan mendapat remisi tersebut tidak ada yang terlibat kasus korupsi, bandar narkoba atau terorisme,” imbuh Mustawan. (wid/gus)

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here