14 Parpol di Lambar Sampaikan LPSDK

  • Bagikan
Komisioner KPU Lambar Karwan Setiawan menerima LPSDK dari partai politik peserta pemilu 2019. FOTO ISTIMEWA
Komisioner KPU Lambar Karwan Setiawan menerima LPSDK dari partai politik peserta pemilu 2019. FOTO ISTIMEWA

radarlampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Barat menerima laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) dari seluruh partai politik peserta pemilu 2019, di aula KPU setempat, Rabu (2/1).

Ketua KPU Lambar Imtizal mengatakan, LPSDK merupakan pembukuan yang memuat seluruh penerimaan yang diterima partai politik dan pasangan calon yang dialokasikan untuk dana kampanye.


”Besaran dana kampanye yang bisa disumbangkan dari setiap pihak telah diatur dalam pasal 327 ayat 1 dan 2 UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu,” kata Imtizal.

Dilanjutkan, UU Pemilu membatasi sumbangan dana kampanye perseorangan. Besaran pembatasan sumbangan dana kampanye itu, sama dengan batasan sumbangan dana kampanye DPRD kabupaten. Hal ini telah diatur dalam UU Pemilu pasal 331 ayat 1 dan 2.

”UU Pemilu tidak menyebutkan sanksi khusus bagi peserta yang tidak melaporkan dana kampanye. Laporan dana kampanye tersebut merupakan bagian dari komitmen peserta pemilu,” ujarnya.

Namun, ketika calon terpilih tidak meyampaikan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK), maka yang bersangkutan tidak akan ditetapkan. ”Jadi sanksinya ada ketika nantinya tidak menyampaikan LPPDK,” tegasnya. (nop/ais)

 

 




  • Bagikan