155 Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Pringsewu Ikuti Caping Day

Ketua STIKes Muhammadiyah Pringsewu, Ns Arena Lestari, M.Kep., Sp.Kep.J. Foto Istimewa
Ketua STIKes Muhammadiyah Pringsewu, Ns Arena Lestari, M.Kep., Sp.Kep.J. Foto Istimewa

radarlampung.co.id – Memasuki masa praktik klinik tahun akademik 2017/2018, sebanyak 155 mahasiswa STIKes Muhammadiyah Pringsewu mengikuti prosesi caping day (pemakaian seragam), Rabu (14/3) di Graha Ahmad Dahlan komplek kampus setempat.

Ke 155 mahasiswa tersebut terdiri dari 103 mahasiswa program studi Diploma III Keperawatan dan 52 mahasiswa Diploma III Kebidanan.

Peresmian pemakaian seragam merupakan persiapan awal dimulainya seorang mahasiswa keperawatan dan kebidanan mulai mengimplementasikan teori yang didapat di kampus ke lahan praktik di rumah sakit. Serta rumah bersalin, puskesmas, maupun BPS.

Ketua STIKes Muhammadiyah Pringsewu, Ns Arena Lestari, M.Kep., Sp.Kep.J  mengatakan prosesi pemakaian seragam merupakan acara yang sangat sakral bagi mahasiswa kesehatan.Karena setelah prosesi ini mahasiswa akan dituntut untuk mulai mengenal dunia kesehatan khususnya keperawatan dan kebidanan di lahan praktik yang telah disiapkan oleh perguruan tinggi.

BACA  Sidak ke Beberapa Satker, Winarti Cek Kesiapan Calon Gedung MPP

“Jika sebelumnya, mahasiswa hanya berkecimpung dengan teori-teori di dalam kelas dan laboratorium, setelah prosesi caping day maka mahasiswa akan mulai kita kenalkan dengan lahan praktik,” ungkapnya.Selain itu  yang juga mempresentasikan dunia kerja yang kelak akan ditempati selepas lulus dari perguruan tinggi.

Selain itu juga dalam praktik klinik nantinya mahasiswa dapat menjaga nama baik almamater.” Pada saat melakukan kegiatan praktikum dengan mengedepankan etika profesi, sopan santun, dan tentunya mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang didapat di kampus kedalam tindakan di lahan praktik,” harapnya.

Di tambahkan oleh, Ketua Panitia Kegiatan Heru Supriyatno, S.Kep., M.Kes  dalam kegiatan ini juga sejumlah  mahasiswa yang mendapat Indeks Prestasi terbaik selama menempuh perkuliahan di semester I.

BACA  Mahasiswa UIN Sabet Lima Medali di Peksimida Lampung

“Harapannya ini dapat menjadi motivasi bagi yang bersangkutan dan mahasiswa yang lain untuk terus memacu prestasi dan kompetensi selama menempuh pendidikan di STIKes Muhammadiyah Pringsewu,” ungkapnya.

Untuk D3 Keperawatan,menurut Heru mahasiswa dengan Indeks Prestasi (IP) tertinggi diraih oleh Kesih Apriyanti sebesar 3,63, disusul Amy Ranisa dengan IP 3,54, dan Siti Uswatun Hasanah dengan IP 3.53.

“Sementara untuk D3 Kebidanan, IP tertinggi diraih oleh Annisa Tuzzahra dengan capai nilai sebesar 3,63, dilanjutkan peringkat kedua Restu Handayani sebesar 3,59 dan terakhir Faradicha Vischarani dengan IP sebesar 3,53,” jelasnya.

Selain dari kalangan pemerintah daerah, organisasi profesi, dan stakeholder yang merupakan mitra STIKes Muhammadiyah Pringsewu dalam melaksanakan praktik klinik, kegiatan caping day kali ini juga dihadiri oleh delegasi dari Khon Kaen University Thailand dan MAHSA University Malaysia.

BACA  5.161 Maba Unila Ikuti PKKMB

“Kedua delegasi tersebut hadir dalam rangka pertukaran dosen dan mahasiswa. Kerjasama dengan Khon Kaen University Thailand telah terjalin sejak tahun 2013 dan MAHSA University Malaysia terjalin sejak tahun 2017,” terangnya

Dimana setiap tahunnya masing-masing perguruan tinggi saling mengirimkan dosen dan mahasiswanya untuk belajar tentang budaya, aktivitas klinik, dan proses pembelajaran di masing-masing negara.

Dalam kunjungan kali ini, berbagai kegiatan disiapkan sebagai sarana untuk bertukar ilmu pengetahuan dan budaya ketiga negara. Di antaaranya kuliah pakar, seminar internasional, tour ke rumah sakit.Kemudian kegiatan perekonomian masyarakat, dan diskusi mahasiswa. (sag/ang)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here