16.000 PBI di Mesuji di Nonaktifkan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sekitar 16.000 warga Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Mesuji dinonaktifkan.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi sosial (Dinsos) Kabupaten Mesuji, Marhakim mewakili Kepala Dinsos Mesuji mengatakan, untuk kabupaten Mesuji jumlah Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN KIS ada sekitar 16.000 an yang dinonaktifkan dari jumlah total 46.651.


Penonaktifan tersebut, karena identitas peserta ada yang tidak sesuai. Seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak valid dan alamat.

Namun Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) di Mesuji yang dinonaktifkan tidak perlu khawatir sebab itu bisa diaktifkan kembali.

Artinya dari pihak desa melakukan perbaikan data dan pengaktifan dengan mengajukan pusat.

Baca Juga:   Selamat! Mesuji Juara Bazar Pangan Lokal Pada Hari Pangan Sedunia

“Kami akan melakukan verifikasi dan validasi data terhadap penerima bantuan yang kepesertaannya dinonaktifkan. Ini dilakukan dengan mengecek langsung ke lapangan untuk memastikan kebenaran data tersebut,” ungkapnya.

Jika di lapangan ditemukan warga yang masih berhak menerima, tentu akan di ajukan kembali ke pusat. Hal ini agar kepesertaannya diaktifkan kembali.

“Kami mengimbau kepada pemilik KIS untuk mengecek terlebih dahulu, apakah kartunya masih aktif atau tidak,” terangnya.(muk/yud)




  • Bagikan