162 SD/sederajat dan 41 SMP/sederajat di Bandarlampung Gelar PTM Terbatas Tahap III

  • Bagikan
Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiaan memantau PTM terbatas, Senin (13/9). Sumber Foto: Protokol Pemkot Bandarlampung
Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiaan memantau PTM terbatas, Senin (13/9). Sumber Foto: Protokol Pemkot Bandarlampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat akan menambah satuan pendidikan untuk mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) tahap III.

Penerapan itu diberlakukan, mengingat status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Bandarlampung sudah berada pada level 2, yakni sejak 5–18 Oktober 2021.


“Dengan penerapan PPKM di Bandarlampung menjadi level 2, insyaAllah kita akan menambah sekolah untuk melakukan PTM,” kata Plt. Kepala Disdikbud Bandarlampung Hj. Eka Afriana kepada Radar Lampung, Minggu (10/10).

Pemberlakukan PTM itu, kata dia, rencananya dimulai pada Senin (11/10) besok, dengan menambah 203 satuan pendidikan. Masing-masing 162 jenjang SD/MI dan 41 jenjang SMP/MTs.

“Terkait hal itu, kami juga sudah melakukan rapat bersama seluruh kepala sekolah baik jenjang SD/MI maupun SMP/MTs,” ujar dia seraya berkata bahwa pada PTM tetap dengan menerapkan prokes secara ketat.

Baca Juga:   Kelelahan, Siswi SMAN 7 Bandarlampung Pingsan Usai Divaksin Dosis Kedua

Kebijakan hal itu, lanjutnya, juga merujuk dari surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri, yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) ; Menteri Agama; Menteri Kesehatan; dan Menteri Dalam Negeri.

Untuk 162 daftar nama SD/MI sederajat yang akan melaksanakan simulasi PTM  Tahap III Tahun ajaran 2021/2022  di antaranya, SDN 1 Bumi Waras (Kecamatan Bumi Waras), SDN 1 Pahoman (Kecamatan Enggal), SDS Fitrah Insani (Kecamatan Kedamaian),Min 1 Bandarlampung (Kedaton), SDN 2 Labuhan Ratu Sepang Jaya (Labuhan Ratu), dan beberapa lainnya.

Sedangkan untuk 41 daftar nama SMP /MTS sederajat yang akan melaksanakan simulasi PTM  Tahap III Tahun ajaran 2021/2022 di antaranya, SMPN 44 Bandarlampung (Kecamatan Wayhalim), MTS S Alhikmah (Kecamatan Kedaton),  SMPN 45 Bandarlampung (Kecamatan Rajabasa), SMP Taman Siswa (Kecamatan Telukbetung Utara), SMP Perintis 1 (Kecamatan Tanjungkarang Pusat), dan lainnya.

Baca Juga:   Pemkot Gelar Gebyar Vaksinasi di Halaman Parkir Bambu Kuning

Eka melalui Kasi Kelembagaan Disdikbud Bandarlampung Mulyadi Syukri menyebutkan, daftar SMP/SD tersebut termasuk PTM Tahap III dari Senin (11/10)-Jumat (15/10) untuk SMP. Dan dari Senin (11/10) – Sabtu (16/10) untuk SD. “Namun itu semua dikembalikan ke sekolahnya masing-masing dan wali murid apakah bersedia menyelenggarakan PTM terbatas atau tidak,” jelas Mulyadi.

Dengan rencana 203 satuan pendidikan (SD maupun SMP) PTM Tahap III pada Senin (11/10), artinya sudah  342 SD/sederat maupun SMP/sederajat yang siap menyelenggarakan PTM Terbatas. “Namun itu belum satuan pendidikan dasar, ada beberapa sekolah di Bandarlampung yang orang tua belum bersedia menyelenggarakan PTM terbatas terutama sekolah sekolah swasta. Salah satunya BPK Penabur yang memakai pembelajaran secara daring (online) karena belum dapat persetujuan dari orang tua penyelenggaraan PTM terbatas,” tambahnya.




  • Bagikan