186 Pekon di Tanggamus Cairkan DD Tahap I


radarlampung.co.id – Sebanyak 186 pekon di Tanggamus sudah mendapatkan dana desa (DD) tahap I tahun 2019. Masih tersisa 113 pekon yang belum menerima dana tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanggamus Idham Khalid mengatakan, pencairan dana desa banyak dilakukan dalam beberapa hari terakhir. “Sekarang sudah banyak pekon yang cair DD-nya. Paling banyak setelah Lebaran. Kalau ada yang belum, mungkin masih disusun pengajuan dari pekon,” kata Idham Khalid.





Ia menyatakan, semestinya dana desa tahap I sudah cair beberapa waktu lalu. Sebab Juni merupakan batas akhir pencairan. Jika lewat, maka akan dilaporkan ke pusat. Selanjutnya ditentukan, apakah dana ditarik lagi atau tidak.

“Kalau selama ini, belum pernah kejadian dana desa terlambat dicairkan dan ditarik lagi. Harapannya, itu tidak terjadi. Karena itu diimbau pekon cepat menyusun usulan pencairan,” tegasnya.

Dilanjutkan, pencairan tahap I sebesar 20 persen dari dana yang diterima. Setelah itu baru 40 persen untuk masing-masing pencairan tahap II dan III.

“Syarat untuk pencairan DD tahap I, pekon menyerahkan LPj. tahun sebelumnya. Setelah itu beres dan tidak ada masalah, kemudian menyerahkan APBDes 2019. Baru kemudian dikeluarkan surat perintah membayar ke Badan Pengelola Keuangan  Daerah (BPKD),” urainya. (ehl/Iqb/ais)