Sampah TPA Bakung Bakal Diolah Menjadi Briket

  • Bagikan
Diskusi virtual implementasi teknologi waste to energy di ruang command centre Pemkot Bandarlampung, Selasa (23/3). FOTO HUMAS PEMKOT BANDARLAMPUNG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Bakung akan diolah menjadi briket. Untuk realisasinya, Pemkot Bandarlampung segera membentuk tim, termasuk menggandeng pihak ketiga yang membantu pendanaan.

Wali Kota Eva Dwiana mengatakan, pihaknya sudah rapat dengan KPK, Menteri Lingkungan Hidup dan ESDM serta PLN/PLTU.


“Alhamdulillah, masalah pengolahan sampah dan respon dari pusat luar biasa. Mudah-mudahan dengan realisasi cepat, sampah di Bandarlampung bisa ditanggulangi,” kata Eva Dwiana usai diskusi virtual implementasi teknologi waste to energy di ruang command centre Pemkot Bandarlampung, Selasa (23/3).

Eva menuturkan, anggaran kegiatan itu menggandeng pihak ketiga. “Kalau APBD kita, nggak bisa. Untuk pengolahan sampah, kita harus gandeng pihak ketiga. Karena alat-alatnya itu luar biasa,” sebut dia.

Baca Juga:   Anggota Diperiksa Propam Soal Dugaan Pungli, Ini Penjelasan Kapolres Way Kanan

Kepala Bappeda Bandarlampung Khaidarmansyah mengungkapkan, nantinya sampah yang diolah menjadi briket itu akan dibeli PLTU Tarahan.

“Ada 900 ton sampah satu hari yang akan diolah. Dulu rencana kita, itu (diolah menjadi) energi dan dibeli PLN. Tapi setelah dilakukan survei dan studi pengkajian, cocoknya briket,” kata Khaidarmansyah.





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan