Mobile Laboratorium RT-PCR Tanggamus Beroperasi, Periksa 12 Sampel Sehari

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemkab Tanggamus telah mengoperasikan mobile laboratorium real time polymerase chain reaction ( RT-PCR). Sarana tersebut sudah melayani pemeriksaan terhadap masyarakat yang terdeteksi reaktif saat menjala rapid tes.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tanggamus Bambang Sutejo mengatakan, mobile RT-PCR atau mobil Combat tersebut dapat melakukan pemeriksaan sekitar 12 sample per hari.

“Saat ini masih beroperasi setiap hari kerja,” kata Bambang Sutejo mewakili Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Taufik Hidayat kepada Radarlampung.co.id, Selasa (18/5).

Bambang menyatakan, Dinas Kesehatan saat ini tengah memaksimalkan kinerja. Termasuk pembahasan jadwal beroperasinya mobile RT-PCR. Apakah setiap hari seperti saat ini atau saat ada kasus saja.

Baca Juga:   Update Covid-19 Lamtim, Tambah 24 Kasus Baru

“Apakah empat hari dalam seminggu, Senin hingga Kamis. Hal ini masih dalam pembahasan. Karena peralatannya juga perlu maintenance,” tandasnya.

Untuk sementara, terus Bambang, mobile RT-PCR masih beroperasi setiap hari kerja dan bertempat di Dinas Kesehatan. Setiap ada sampel, langsung dilakukan pemeriksaan.

“Tapi jika ada pemeriksaan yang masif di satu kecamatan, maka bisa saja mobil pindah ke kecamatan tersebut,” tegasnya. (ehl/ais)



  • Bagikan