Kemenkominfo Bantu Pemasangan Jaringan WiFi di Daerah Blankspot Tanggamus

  • Bagikan
SABARUDDIN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah pusat melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan membantu pemasangan jaringan WiFi di daerah sulit sinyal atau blankspot.

Kepala Diskominfo Tanggamus Sabaruddin mengatakan, program bantuan dari BAKTI Kemenkominfo ini merupakan bentuk komitmen setelah sebelumnya tahun 2020 lalu Bupati Dewi Handajani bersama Sekkab Hamid H. Lubis beraudiensi dengan petinggi BAKTI dan mengharapkan pengentasan blankspot di kabupaten itu.


“Sebagai bentuk komitmen dari BAKTI, tahun 2021 akan diberi bantuan WiFi di empat kecamatan. Meliputi Kelumbayan, Kelumbayan Barat, Pematangsawa dan Cukuhbalak,” kata Sabaruddin.

Sebagai awal, jaringan WiFi di wilayah Pematangsawa yang berada diseberang lautan. “Dicoba dulu 28 titik. Baru nanti kecamatan lain,” sebut Sabaruddin.

Baca Juga:   Dugaan Korupsi di Pekon Kaurgading, Kejari Tunggu LHP Inspektorat

Dilanjutkan, untuk internet maupun telekomunikasi, pihak BAKTI menggunakan jaringan satelit. Memang jangkauan tidak seluas seperti menara telekomunikasi atau base transceiver station (BTS).

“Sasaran utamanya tempat publik seperti kantor pekon, sekolahan dan puskesmas. Jadi karena ini satelit, tidak bisa seluas jangkauan BTS. Paling areanya hanya 50 meter dari alat yang terpasang, sehingga bila ada yang mau menelepon, bisa pergi ke kantor pekon,” urainya.




  • Bagikan