oleh

Tanamkan Jiwa Entrepreneur Napi!

radarlampung.co.id – Jiwa entrepreneur atau wirausaha harus ditanamkan kepada narapidana (napi). Hal ini diungkapkan Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami saat berkunjung ke Lapas Kelas III Gunungsugih kemarin.

Menurut Sri, kepala lapas maupun rutan harus mengembangkan jiwa entrepreneur dengan memberdayakan napi sebagi tenaga kerjanya. “Tanamkan jiwa entrepreneur kepada napi. Seperti ikan lele yang telah dipanen bisa diolah menjadi makanan ringan yang nilai jualnya lebih tinggi,” katanya.

Selain itu, Sri berharap para napi ikhlas menjalani pidana. “Ikhlas merupakan salah satu amal hati. Ikhlas berada di barisan terdepan amal hati. Manusia ikhlas jauh dari gangguan syaitan. Tidak ada yang kebetulan. Berada di sini sudah takdir Allah. Karena itu, saya berharap para napi menjalani hukuman dengan ikhlas,” ujarnya.

Sedangkan Kadivas Kemenkumham Lampung Edi Kurniadi mengapresiasi langkap Kalapas yang terus berinovasi, termasuk menanamkan jiwa entreprenur kepada napi.

“Teruslah berkarya dan berinovasi. Terus menjalin mitra agar bisa mengembangkan hasil karya napi. Jiwa entreprenur harus ditanamkan kepada napi. Hal ini penting agar setelah bebas nanti bisa diterima kembali di masyarakat dengan baik. Punya modal berwirausaha,” ungkapnya. (sya/gus)

Komentar

Rekomendasi