oleh

Angin Kencang Landa Lambar

radarlampung.co.id – Sejak beberapa hari terakhir kabupaten Lampung Barat dilanda angin kencang. Diprediksi masih akan berlanjut hingga pekan depan.

Kecepatan angin berkisar 4 – 65 km/jam yang tinggi menyebabkan pohon tumbang dan listrik sempat padam akibat kabel listrik tertimpa pohon tumbang.

Manajer PLN Rayon Liwa Mahajana Mega Patra mengatakan, Sabtu (13/1) listrik beberapa jam tadi padam akibat pohon menimpa kabel listrik di dua titik lokasi di kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit dan Sukau. “Untuk mati lampu selama 3 jam sudah nyala. Mudah mudahan tidak ada pohon tumbang susulan,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar, Maidar mengatakan, pihaknya mendapatkan Informasi dari BMKG Lampung angin kencang diprediksi hingga 17 Januari 2018.

“Peringatan dini gelombang tinggi
Iikeluarkan oleh BMKG Maritim Lampung pada : 06:06 WIB Kamis, 11 Januari 2018 Berlaku sampai dengan 07:00 WIB Rabu, 17 Januari 2018,” kata Maidar.

Terdapatnya daerah konvergensi yang terbentuk di Samudra Hindia Barat Laut Lampung, yang memanjang sampai ke sebelah selatan Banten dan pulau Jawa yang dapat berpotensi terjadi pembentukan awan-awan hujan lebat.

Angin gradien di Wilayah Indonesia umumnya didominasi dari arah Barat Laut – Timur Laut, dan wilayah Indonesia bagian selatan umumnya dari dari Barat Daya hingga Barat Laut, dangan Suhu Muka Laut antara 26 – 32 °C dengan Anomali suhu muka laut berkisar antara -1.0 derajat hingga 1.5 derajat Celcius.

“Angin permukaan 10 M Wilayah Indonesia sebelah utara equator secara umum arahnya dari Barat Laut hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar 4 – 65 km/jam. Sedangkan di selatan equator umumnya dari Barat Daya hingga Barat Laut,” ujarnya. (jks/gus)

Komentar

Rekomendasi