oleh

Jalinsum Sempat Lumpuh 6 Jam

radarlampung.co.id – Jalan lintas sumatera (Jalinsum) Tulangbawang sempat mengalami kemacetan hingga enam jam lebih, Minggu (14/1).

Kemacetan sepanjang 8 km diakibatkan oleh sebuah truck fuso yang mengalami patah as tepat di jembatan Cakatraya, Menggala.

Kemacetan terhitung sejak pukul 11.00 WIB hingga mulai terurai sekira pukul 19.00 WIB.

Kasat Lantas Polres Tulangbawang AKP Adit Priyanto membenarkan adanya truck fuso yang mengalami patah as di jembatan cakat “Benar mas, ada fuso yang patah as di jembatan cakat,” ungkapnya kepada radarlampung.co.id.

Akibatnya, jalinsum Tuba sempat mengalami kemacetan enam jam lebih, dimulai dari depan kantor DPRD Kabupaten Tulangbawang Menggala, hingga unit laka lantas kecamatan Menggala Timur.

AKP Adit menambahkan, akibat fuso yang mengalami patah as itu, pihaknya melakukan sistem buka tutup jalan untuk mengurai kemacetan tersebut.

“Kita buat sistem satu jalur mas, buka tutup jalan supaya nggak semakin panjang macetnya,” terangnya.

Kasat Lantas mengungkapkan, pihaknya menurunkan sekira 15 anggota yang tersebar di sepanjang titik kemacetan untuk mengurai dan memberlakukan sistem buka tutup.

“Ada 15 anggota yang siaga di jalan mas, mereka mengurai dan mengatur hingga jalinsum normal,” jelasnya.

Dari pantauan, kemacetan mulai terurai sekira pukul 19.00 WIB saat truck fuso yang mengalami patah as tersebut selesai diperbaiki.

Sekira pukul 20.00 WIB, Jalinsum Tulangbawang sudah mulai normal kembali untuk dilalui.

Kasat Lantas menghimbau kepada pengendara truck fuso untuk tidak memuat barang melebihi kapasitas kendaraan itu sendiri.

“Memuat barang harus sesuai dengan aturan tonase yang ditentukan. Jika dilihat truck fuso itu kelebihan muatan makanya as nya patah,” tandasnya.

Sementara itu, Rahmad (28) warga Kecamatan Menggala yang akan menuju pasar unit II mengeluhkan kemacetan tersebut. Menurutnya, biasanya jarak dari Menggala ke Pasar unit II dapat ditempuh hanya dengan waktu 45 menit. “Tapi kalau kaya gini bisa bisa 2 jam lebih mas. Iya katanya ada fuso patah as di jembatan cakat,” keluhnya. (nal/gus)

Komentar

Rekomendasi