oleh

Dana Pertamina Spiritual Marketing (PSM) Sasar Pesisir Barat dan Lambar

radarlampung.co.id – Secara rutin setiap bulan DPC Hiswana Migas Lampung terus menyalurkan dana Pertamina Spiritual Marketing (PSM). Tepatnya pada tanggal 4 – 8 Januari 2018 secara maraton DPC Hiswana Migas Lampung bersama tim Rumah Amal Sholeh Yayasan Alkarim Rasyid Indonesia menyasar Kabupaten Pesisir Barat dan Kabupaten Lampung Barat.

Total dana yang disalurkan adalah sebesar Rp380 juta. Dana tersebut kemudian disalurkan kepada masyarakat di sekitar SPBU di 5 Pekon dengan total penerima manfaat sebanyak 255 orang.

Secara berurutan, dana PSM pertama disalurkan pada warga sekitar SPBU 24.348.118 milik PT. Sentosa Cahaya Abadi beralamat di Jl. Lintas Barat Pesisir Tengah, Biha. Total dana yang disalurkan sebesar Rp31.300.000 yang disalurkan dalam beberapa program yakni santunan dhuafa, beasiswa, dan fasilitas umum berupa pengeras suara untuk masjid.

Penyerahan dana PSM di SPBU 23.345.09 milik PT. Trijaya Abadi yang beralamat di Pekon Lintik, Krui.

Selanjutnya , dana PSM menyasar warga SPBU 24.345.29 milik PT. Krui Jaya Perdana yang beralamat di Jl. Raya Krui, Pesisir Tengah. Total dana yang disalurkan adalah sebesar Rp30 juta. Dana tersebut kemudian disalurkan dalam bentuk program santunan dhuafa, beasiswa, alat pendidikan untuk TPA dan fasilitas umum berupa alat rukun kematian.

Tim kemudian melanjutkan perjalanan ke kabupaten Lambar tepatnya di Pekon Kembahang untuk menyerahkan dana PSM kepada warga di sekitar SPBU 24.345.110 milik PT. Pinisi Nusantara Jaya yang beralamat di Jl. Raya Liwa Pekon Kembahang Kecamatan Batu Brak.

Total dana yang diserahkan adalah sebesar Rp75.300.000. Dana disalurkan dalam bentuk program Santunan Dhuafa, Beasiswa Pendidikan, Pembanguanan TPA, serta alat pendidikan untuk TPA. Penyerahan dana di Pekon Kembahang berlangsung cukup meriah karena di hadiri oleh Bupati Lambar H. Parosil Mabsus.

Kehadiran Bupati Lambar disambut tarian adat Lampung yakni buarak, tari sembah, dan tarian kreasi yakni tari layang-layang. Acara di Pekon Kembahan di tutup dengan pemotongan Pita Peresmian TPA Al Muhajirin.

Penyerahan dana PSM SPBU 24.345.110 milik PT.Pinisi Nusantara Jaya yang beralamat di Jl. Raya Liwa Pekon Kembahang Kecamatan Batu Brak.

Dalam sambutannya Bupati sangat mengapresiasi program PSM. Selanjutnya beliau mengharapkan program PSM bisa terus berlanjut. “Saya berharap ke depan program PSM bisa mendukung program pemda di antaranya Begawi Jejami, Satmakura, dan kegiatan pemda lainnya,” ungkapnya.

Di akhir sambutan, Parosil menyampaikan semoga tahun depan program PSM bisa berperan dalam pemberdayaan ekonomi warga. Sebagai kepala daerah, bupati juga sangat mendukung program TPA. bahkan kedepan guru ngaji dan santri yang siap menghafal Alquran akan diberikan insentif dari Pemda.

Selanjutnya, tim menuju warga di sekitar SPBU 24.345.26 milik CV. Adam Kurnia Abadi yang beralamat di Jl. Raya Liwa, Way Tenong, Lambar. Dana yang disalurkan sebesar Rp33.000.000. Yang disalurkan dalam bentuk program Santunan Dhuafa, Beasiswa, serta alat pendidikan untuk TPA.

Selesai penyerahan tim kembali menuju Pekon Lintik di Pesisir Barat untuk menyerahkan bantuan ke pada masyarakat disekitar SPBU 23.345.09 milik PT. Trijaya Abadi yang beralamat di Pekon Lintik, Krui. Dana yang disalurkan adalah sebesar Rp. 73.450.000.

Dana tersebut disalurkan dalam bentuk program santunan Dhuafa, Beasiswa, Alat pendidikan untuk TPA, Fasilitas umum berupa seperangkat alat olahraga. Berupa tiang gawang, kostum, bola, mesin rumput yang diserahkan kepada ketua Karang Taruna Kembahang. Kemudian bantuan berupa kursi roda dan tempat whudu di pondok pesantren Roudhatul Qur’an 2 di Pekon Lintik.

Penyerahan bantuan peralatan sepak bola untuk karang taruna pekon Lintik.

Dalam sambutannya, ketua DPC Hiswana Migas Lampung Hi. Budiono di SPBU 23.345.09 Pekon Lintik, mengatakan, dana PSM adalah dana yang berasal dari keuntungan penjualan BBM non subsidi seperti Pertalite, Pertamax, dan Pertamina Dex.

Untuk itu semakin banyak masyarakat yang menggunakan BBM non subsidi maka program PSM akan terus berjalan. Ke depan Insya Allah secara merata. Tidak hanya program dalam bentuk santunan dan fasilitas umum yang akan digalakkan.

“Akan tetapi juga program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Seperti yang telah direalisasikan di daerah Lampung Tengah, Metro, dan Lampung Timur. Yakni pemberdayaan ekonomi berupa budidaya kambing secara kelompok, budidaya bebek secara kelompok, dan pengembangan usaha abon lele kelompok ibu pengajian,” terangnya.

Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus di sambut dengan Buarak dan Payung Agung.

Ketua Yayasan Alkarim Rasyid Indonesia Ustad Asep Kholis Nurjamil, S.HI, M.Kom.I ketika diwawancarai mengatakan, sangat senang dan bersyukur penyaluran dana PSM di Kabupaten Pesisir Barat dan Lambar  terlaksana dengan lancar dan sukses.

“Saya mengapresiasi sambutan yang hangat dari masyarakat dan juga pemerintah daerah yang ikut serta bekerjasama mensukseskan proses penyaluran dana PSM. Semoga pengorbanan berupa tenaga dan fikiran yang telah di berikan dicatat sebagai amal ibadah untuk kita semua. Semoga program PSM bisa terus berjalan dan kedepan bisa kembali lagi ke Pesisir Barat dan Lambar. Progres  Bulan Februari penyaluran dana PSM akan menyasar Kabupaten Lampung Utara dan Waykanan, semoga berjalan lancar dan tanpa hambatan,” tandasnya. (adv)

Komentar

Rekomendasi