oleh

Tim Saber Pungli Gelar OTT

radarlampung.co.id – Tim Saber Pungli Pesbar dan Lambar serta gabungan Tekab 308 Polres Lambar dan Polsek Pesisir Tengah mengamankan tiga orang tersangka pungli dalam operasi tangkap tangan (OTT) Selasa (16/1).

Ketiga tersangka yakni Erlaini (46) alamat Dusun Induk Merakbatin kecamatan  Natar Lampung Selatan, Yusnaida (50) warga Jl. Pagaralam Bandarlampung dan Naswin (37), warga Beringinraya Bandarlampung.

Kasat Reskrim Polres Lambar AKP Rizal Effendi SH mengungkapkan saat ekspos di lapangan Polsek Pesisisir Tengah, ketiga tersangka diamankan pada (16/1) sekira pukul 14.15 di pekon Sukajadi kecamatan Krui Selatan Pesbar.

“Ketiga pelaku mendatangi juru tulis pekon Sukajadi dengan mengatasnamakan Tim Verifikasi Prona dari Provinsi Lampung. Kemudian pelaku menyuruh juru tulis untuk mengisi data di buku yang telah dibawa oleh pelaku. Pada saat itu buku tersebut bersampul plastik warna biru, lalu pelaku menanyakan tentang teknis pembuatan prona di pekon setempat,” kata dia.

Saat itu, Yusnaida mengatakan bahwa pekon Sukajadi bermasalah dalam pembuatan prona (sertifikat tanah). Dikarenakan program dari presiden biaya yang dikeluarkan  hanya Rp300 ribu tapi di pekon setempat kata dia menarik sebesar Rp750 ribu. Pelaku langsung mengatakan itu bermasalah dan mengancam akan melaporkan ke provinsi. Mendengar itu, juru tulis ketakutan.

Saat itulah para tersangka menyodorkan jika tidak mau laporan masuk dalam formulir, maka ia harus membayar Rp3 juta. Juru tulis yang ketakutan lalu bersedia membayar. Bahkan tersangka meminta tambahan Rp500 ribu.

“Kerugian korban sebesar Rp3,5 juta. Adapun barang bukti yang di amankan berupa uang Rp12.750.000. Satu unit mobil Suzuki Ertiga warna abu-abu BE 2622 CX, serta berkas untuk mengelabui korban,” ujarnya.

Lanjut Rizal, hingga 1 x 24 jam baru akan ditetapkan sebagai tersangka.

“Kami saat ini akan berkordinasi dengan Polres Lamsel karena ketiga pelaku melakukan modus yang sama. Ketiga korban akan diamankan di polres untuk memudahkan peyidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (try/gus)

Komentar

Rekomendasi