oleh

Khamami: Pandai Besi Bagusnya Diberi Sosialisasi Soal Senpi Rakitan

radarlampung.co.id – Bupati Mesuji Khamami ikut diundang Kapolda Lampung Irjen Suntana dalam peninjauan lokasi pembuatan senjata api (senpi) rakitan di Desa Tanjung Sari, Jabung Lampung Timur.

Menurut Khamami, dia mengapresiasi kinerja kepolisian yang berhasil mengungkap asal mula senpi rakitan yang sering digunakan untuk tindakan kejahatan.

“Tadi saya diundang kapolda untuk ikut ke lokasi. Cukup jauh juga letak desanya. Artinya bagus ya polisi bisa mengungkap ini untuk menekan tindak kriminalitas,” kata Khamami.

Namun, Khamami menemukan bahwa perlu juga pihak kepolisian memberikan sosialisasi kepada pengrajin pandai besi soal adanya senpi rakitan. Sehingga, masyarakat juga harus faham jika ada yang memesan bentuk besi tertentu untuk senpi rakitan tidak usah dilayani.

“Kadang pengrajin pandai besi nggak tahu jika pesanannya itu untuk bahan senpi rakitan. Namanya orang di kampong kan. Jadi menurut saya perlu disosialisasikan juga ke mereka,” terangnya kepada radarlampung.co.id.

Diketahui, Kapolda Lampung Irjen Suntana mengunjungi tempat pembuatan senjata api (senpi) rakitan yang terletak di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Jabung, Lampung Timur, Kamis (18/1).

radarlampung.co.id, berkesempatan ikut berkunjung dan melihat kondisi rumah milik tersangka Yuli Kurniadi (31) yang dijadikan tempat pembuat senpi rakitan yang diringkus oleh petugas gabungan Polres Lampung Timur dan Polda Lampung, pada Senin (15/1) lalu.

Rumah yang berukuran tipe 36 dengan kondisi rumah yang masih berbata merah dan memiliki halaman yang sangat luas. Hanya memiliki kamar satu ditempati oleh tersangka dan anaknya saja yang masih berumuran delapan tahun. Sedangkan istrinya berada di Banten.

Saat memasuki rumah, terlihat masih ada sisa-sisa bekas pembuatan senpi rakitan tersebut. Pembuatan senpi rakitan itu berada di sebuah kamar yang berukuran kecil yang jaraknya tidak jauh dari dapur rumah milik tersangka. Kondisi terakhir, rumah tersebut sudah diberi garis polisi. (rlo/gus)

Komentar

Rekomendasi