oleh

BMKG: Waspada Angin Kencang dan Hujan Lebat Belum Mereda

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung mengimbau masyarakat agar waspada. Sebab, satu minggu ke depan ini hujan disertai dengan angin kencang diprediksi masih terjadi dan belum mereda. Selain itu, diperkirakan puncak hujan terjadi Januari ini.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Harianto kepada radarlampung.co.id mengatakan, untuk Provinsi Lampung diperkirakan akan turun hujan setiap hari dengan intensitas hujan mulai dari ringan hingga lebat di berbagai wilayah Kabupaten di Provinsi Lampung.

“Sekarang kita perkirakan memasuki musim penghujan dan kita prediksi di bulan Januari ini puncak musim hujannya,” ujarnya saat dihubungi, Sabtu (20/1).

Rudi menjelaskan, prospek tiga hari ke depan dimungkinkan sebagian besar di pagi hari kondisinya bisa berawan dan hujan dengan intensitas ringan. Kemudian di siang hingga malam hari berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat.

“Daerah-daerah dengan intensitas hujan sedang hingga lebat di sore hingga malam hari bisa terjadi diwilayah Lampung Barat, Pesisir Barat, Lampung Utara, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur dan Lampung Selatan,” ujarnya.

Adapun satu minggu ke depan, terus dia, ini hujan disertai dengan angin kencang. “Jadi selain intensitas hujan ringan, sedang hingga lebat juga disertai dengan angin kencang,” ungkapnya.

Terkait angin kencang di Lambar hingga menyebabkan kerusakan, berdasarkan data BMKG, telah terjadi Angin Kencang di Rest Area Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat pada hari Sabtu, 20 Januari 2018, terjadi antara pukul 03.00 WIB.

Data dari Forecaster On Duty Stamet Raden Inten II Lampung, analisis sementara, kejadian angin kencang dipicu adanya awan konvektif yang menutupi wilayah Kec Sumberjaya, Lambar.

Pertumbuhan awan konvektif di Kecamatan Sumberjaya dan secara umum wilayah provinsi Lampung di pengaruhi adanya belokan aliran massa udara di wilayah Lampung dan pusat tekanan udara rendah di sebelah barat dan selatan Lampung. (adm/gus)

Komentar

Rekomendasi