oleh

5 Jurus Jitu Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Belakangan ini musim pancaroba (peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, atau sebaliknya) tengah terjadi di Indonesia. Kondisi tersebut diyakini dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Di kala musim hujan, seseorang rentan sekali mengalami gangguan kesehatan seperti influenza, batuk, pilek, demam dan badan pegal-pegal. Jika sudah terserang, tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Karenanya, jangan biarkan aktivitas Anda terbengkalai gara-gara gangguan kesehatan.

Ada dua faktor yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Pertama, faktor internal seperti pola makan tak seimbang, stres, kurang olahraga, dan kurang istirahat. Lalu faktor eksternal, seperti perubahan cuaca, lingkungan yang kurang bersih dan polusi.

Dalam keterangan tertulis, Airborne, produk vitamin C, Kamis (14/12) menyatakan bahwa ada beberapa tips dari Ahli Gizi Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD untuk menjaga diri dari penyakit selama musim pancaroba. berikut lebih jelasnya:

1. Jalani Gaya Hidup Sehat
Daya tahan tubuh dapat dijaga dengan cara menjalankan gaya hidup sehat seperti berolahraga secara rutin, perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari) dan istrirahat yang cukup setiap harinya.

2. Penuhi Kebutuhan Asupan Harian
Konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan setiap hari sangat diperlukan untuk dapat menjaga daya tahan tubuh.

3. Manajemen Waktu
Orang-orang yang memiliki gaya hidup yang sibuk dengan pola makan tidak seimbang terkadang tidak dapat menjaga kesehatan daya tahan tubuh mereka hanya dari konsumsi makanan sehari-hari. Di sini, suplemen dapat membantu melengkapi nutrisi yang belum terpenuhi.

4. Bawa Jaket atau Jas Hujan
Satu ciri dari musim pancaroba adalah perubahan ekstrem cuaca yang dapat terjadi di hari yang sama. Bisa saja cuaca sangat cerah ketika keluar rumah, tetapi tidak berapa lama terjadi hujan lebat. Jangan lupa untuk membawa jaket atau jas hujan meskipun cuaca tidak terlihat mendung.

5. Konsumsi Vitamin
Konsumsi vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan harian akan vitamin C, sistem daya tahan tubuh dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit. (jpg/gus)

Komentar

Rekomendasi