oleh

Awasi ASN, Panwas Siap Rekam Video

radarlampung.co.id – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) kembali mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di wilayah kabupaten setempat terkait Netralitas ASN pada pelaksanaan pilkada 2018.

Sebagai langkah antisipasi dan pencegahan agar para ASN tidak terlibat dalam kegiatan yang mengarah pada politik praktis. Panwaslu pun menyiapkan pengawasan dengan merekam menggunakan video sebagai alat bukti.

Ketua Panwaslu Tubaba, Midiyan, S.Sos menegaskan, ASN dilarang keras memihak salah satu pasangan calon dalam pilkada, mulai dari pengarahan hingga ikut dalam kegiatan kampanye. Apalagi menurutnya penegasan tentang netralitas ASN juga sudah diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Kami ini dalam dua minggu ini disupervisi oleh Bawaslu Lampung, makanya kita setiap kegiatan ada arsipnya videonya. Jika tidak kami yang akan mendapat sanksi,” papar Midiyan lagi.

Dijelaskan, pijakan pihaknya merujuk pada Surat Komisi Aparatur SipilNegara (KASN) tanggal 10 November 2017 Nomor : B-2900/KASN/11/2017, Hal Pengawasan Netralitas Pegawai ASN pada Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018, dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, serta Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, telah mengatur tentang etika dan perilaku pegawai ASN yang harus netral, bebas dari intervensi semua golongan partai politik. (fei/gus)

Komentar

Rekomendasi