oleh

Duh, Indikasi Narkoba Masuk dari Jalur Laut, Ini Langkah Polisi

radarlampung.co.id – Jalur masuk peredaran narkoba di Lampung disinyalir berasal dari pintu masuk jalur laut. Untuk itu, Kapolda Lampung Irjen Pol. Suntana menginstruksikan petugas Direktorat Polisi Peairan dan Udara (Polairud) Polda lampung untuk berkoordinasi untuk memperketat penjagaan di perairan Tanggamus.

“Petugas Direktorat Polairud Polda Lampung, harus bisa cepat merespons, terkait dengan pengamanan di wilayah perairan Tanggamus,” kata jenderal bintang dua ini saat kunjungan kerja ke mapolres Tanggamus, Selasa (30/1) siang.

Menurutnya, kejahatan penyalahgunaan narkoba merupakan kejahatan yang bersifat transnasional atau luar biasa yang harus diberantas.

“Ini merupakan masukan dan koordinasi baik antara pemerintah, polri dan masyarakat. Terkait upaya pencegahan masuknya narkoba melalui jalur laut di Kabupaten Tanggamus,” ungkapnya.

Untuk teknisnya, lanjut Kapolda, petugas harus melakukan koordinasi dengan pemerintah terkait mengenai hal itu.

“Cepat lakukan koordinasi dan jangan sampai kita kecolongan, karena para sindikat penyalahgunaan narkoba kerap kali memanfaat kelengahan dan situasi serta kondisi yang luput dari pengawasan seperti jalur peraran,” terangnya.

Dan Kapolda pun menambahkan, tidak hanya pemrintah, Polri dan TNI saja yang bekerja. Masyarakat juga harus ikut berupaya untuk bersama-sama melakukan patroli mencegah masuknya narkoba di Kabupaten Tanggamus.

“Karena tanpa dukungan dari masyarakat, kinerja aparat penegak hukum tidak ada artinya. Jika berhasil itu kurang maksimal. Perlu diketahui, kejahatan itu ada karena ada niat pelakunya jika niat itu bisa dicegah maka kejahatan tidak akan terjadi,” imbuhnya.(ang/gus)

Komentar

Rekomendasi