oleh

Duh, Lapas Gunungsugih ‘Bokek’ Untuk Beli Obat

radarlampung.co.id – Kurangnya anggaran untuk memenuhi obat-obatan membuat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunung Sugih, meminta pasokan obat-obatan ke Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Tengah.

Menanggapi itu, Kepala Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bambang Haryono mengatakan, Lapas Gunung Sugih memasok obat-obatan lantaran tidak memilik banyak uang untuk membeli obat.

“Maka dari itu kami di tahun 2017 membuat MoU dengan Pemerintah Daerah (Pemda) tingkat I, Dinas Kesehatan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di tingkat wilayah,” ujarnya kepada radarlampung.co.id, Jumat (2/2).

Ia menambahkan, tujuan dilakukannya MoU karena menurutnya siapapun warga yang sakit adalah tanggung jawab negara. Oleh karena itu, MoU dilakukan agar pihak yang berkepentingan juga ikut campur tangan.

“Saat itu langsung disepakati oleh BPJS atas iuran yang diberikan Pemprov dan itu sudah dialokasikan masing-masing ke beberapa UPT Pemasyarakatan dikasih kuota dan semua Lapas maupun Rutan di Lampung ini dicover oleh BPJS. Sebenarnya kita hanya menindak lanjuti kesepakatan MoU yang sudah dikerjakan, syukur-syukur keluarga tahanannya itu mampu, kalau enggak mampu bagaimana,” tutupnya.(adm/ang)

Komentar

Rekomendasi