oleh

Duh..Banyak Rumah Belum Terpasang Stiker Coklit di Lamteng

radarlampung.co.id – Panwaslu Lampung Tengah (Lamteng) menemukan beberapa kampung dari 28 kecamatan yang rumahnya tidak dipasang stiker setelah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Alasan dari Komisi Pemilihan Umun (KPU) Lamteng persediaan stiker tidak mencukupi.

Anggota Panwaslu Lamteng Divisi Pengawasan Edwin Nur menyatakan, hasil pengawasan di lapangan banyak kekurang stiker untuk coklit. “Ada rumah yang sudah di-coklit tidak dipasang stiker. Stikernya tidak mencukupi. Temuan ini akan kita laporkan ke Bawaslu Lamteng,” katanya.

Seharusnya, kata Edwin Nur, warga yang sudah di-coklit rumahnya dipasang stiker supaya memudahkan pengawasan. “Di stiker kan diisi jumlah mata pilih. Kalau sudah dipasang stiker, berarti sudah di-coklit. Tapi, kata pihak KPU Lamteng sudah diatasi dan tidak menjadi masalah,” ungkapnya.

Rumah yang tidak dipasang stiker setelah di-coklit, kata Edwin Nur, ditemukan paling banyak di Kecamatan Rumbia dan Seputihmataram. “Di Rumbia dan Seputihmataram. Totalnya berapa, kita belum tahu. Kita masih menunggu laporan panwascam,” katanya.

Terkait persoalan ini, Komisioner KPU Lamteng Divisi Data Mutmainah mengatakan dirinya tidak menerima laporan masalah ini. “Nggak ada laporan dari PPDP. Nanti saya cek. Tapi, sebenarnya tidak masalah. Kan ada tanda mode A.A.1 KWK. KPU Lampung kan nggak bisa cetak lagi,” ujarnya.

Ditanya apakah sebelumnya stiker yang dikirimkan dari KPU Lampung tidak dihitung terlebih dahulu, Mutmainah mengatakan pihaknya hanya menerima. “Kita hanya menerima berdasarkan data yang kita kirimkan. Kalau sampai kurang, tanya saja ke KPU Lampung,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, KPU Lamteng menurunkan 3.204 petugas PPDP untuk coklit data utuk bahan acuan penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Petugas akan melakukan coklit pada 20 Januari-18 Februari 2018.(sya/ang)

Komentar

Rekomendasi