oleh

Efek Lalai Merawat Rantai!

radarlampung.co.id – Rantai sepeda motor, merupakan salah satu komponen terpenting. Perawatannya sebenanya sangat mudah dan sederhana, namun tak jarang orang malas memeliharanya. Pemeliharaan rantai motor ini penting, sebab bila rantai motor putus saat berkendara, bisa menyebabkan kecelakaan.

Tumpak, pemilik bengkel di Depok menjelaskan, rantai motor yang putus saat motor dikendarai bisa menyebabkan rantai motor menyangkut di mesin atau gear dan menyebabkan kecelakaan.

“Merawat rantai itu mudah, cukup diolesi oli saja,” katanya, kepada JawaPos.com (Grup radarlampung.co.id).

Tumpak menambahkan, rantai motor harus seringkali dicek. Dengan memberikan oli semprot atau pelumas dengan merata, itu merupakan salah satu bentuk simpel untuk merawat rantai.

Pemilik bengkel ini menuturkan, bila rantai tidak dirawat, rantai dapat menjadi haus. Akibatnya, rantai dapat menjadi kendor dan yang paling parah, menjadi putus. Terkadang, lanjut Tumpak, rantai masih bisa diakali bila terjadi kerusakan, namun bila tidak, rantai motor harus diganti.

“Bila longgar atau kendor, rantai bisa disetel atau dipotong. Melihat rantai motor sudah haus atau tidak, cukup dilihat dari ketajaman gear rantainya saja,” tambahnya.

Lebih lanjut Tumpak menjelaskan, rantai yang tidak terawat akan menyebabkan motor berbunyi saat dibawa.

Kalau rantai kering saja, diolesi oli pasti sudah tidak bunyi. Kalau udah haus parah dan sudah diolesi oli tapi tetap bunyi, maka rantai harus diganti. Bila rantai kendor, bisa diakali dengan disetel atau dipotong. Kalau tidak bisa dipotong, ya rantai harus diganti,” tutupnya. (sab/JPC/ang)

Komentar

Rekomendasi