oleh

Warga Desak Pemkab Lamtim Nonaktifkan Kades Brajagemilang

radarlampung.co.id -Sejumlah warga Desa Brajagemilang Kecamatan Brajaselebah Lampung Timur menggelar aksi di halaman Kantor Bupati Lampung Timur, Kamis (15/2).

Mereka mendesak Pemerintah Kabupaten Lampung Timur segera menonaktifkan Kepala Desa Brajagemilang karena diduga telah melakukan perbuatan yang melanggar norma susila.

Agus salah seorang juru bicara warga menyebutkan, warga menolak dipimpin M.L selaku Kades Brajagemilang karena dianggap mencemarkan nama baik desa. Persoalan lain, kades terpilih pada Pilkades serentak yang digelar 4 Desember 2017 lalu tersebut juga dinilai tidak transparan dalam memimpin.

“Kami mendesak Pemkab Lamtim segera menunjuk penjabat Kades untuk menggantikan M.L agar kehidupan masyarakat Brajagemilang menjadi tentram,” ujarnya saat berdialog dengan Sekertaris Kabupaten Lamtim Syahrudin Putra.

Sementara itu, Sekda Lamtim Syahrudin dalam pertemuannya dengan beberapa perwakilan warga mengatakan, apabila saat ini ada aturan yang membenarkan untuk segera memberhentikan Lastio, maka hari ini juga yang bersangkutan akan pihaknya berhentikan,” terangnya.

Namun lanjut Syahrudin, untuk memberhentikan seorang kepala desa harus sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Antara lain, kepala desa dapat diberhentikan bila berhalangan tetap. Kemudian, bila melakukan tindakan pidana atau pelanggaran hukum lainnya baru dapat diberhentikan bila sudah berstatus terdakwa.

“Kalau memang ada pelanggaran lain, silahkan buat laporan secara tertulis. Inspektoran akan menindaklanjutinya,. Mengenai dugaan pelanggaran pidana merupakan kewenangan aparat penegak hukum. Bila sudah berstatus terdakwa tentu akan langsung diberhentikan,” papar Syahrudin.

Tidak puas dengan jawaban tersebut, para pengunjuk rasa melanjutkan perjalanan ke DPRD Lamtim untuk menyerahkan pengaduan ke Sekretariat Dewan. Sebab, saat mereka datang tidak ada satupun anggota DPRD yang hadir.(wid/ang)

Komentar

Rekomendasi