oleh

KPU: Status Pencalonan Mustafa di Pilgub Tetap

radarlampung.co.id – Meski ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) namun status pencalonan Bupati Lampung Tengah (non aktif) Mustafa dalam Pilgub Lampung 2018 tak berubah. Mustafa tetap bisa maju dalam Pilgub bersama pasangannya cawagub Ahmad Jajuli.

Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih mengatakan, Mustafa-Jajuli tetap sebagai paslon dan status pencalonannya tidak berubah.

“Status pencalonannya tetap. Nggak berubah sampai dengan ada kekuatan hukum tetap (incraht) dari putusan pengadilan,” kata Handi dihubungi radarlampung.co.id, Jumat (16/2).

Menurut akademisi Universitas Lampung itu, pencalonan bagi calon yang ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan juga tetap mengikuti tahapan Pilgub sebagaimana mestinya.

“Tetap ikuti tahapan Pilgub. Kalau selanjutnya kami hanya bisa menunggu saja dan tak bisa berandai-andai,” ungkapnya.

Terpisah, ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah juga senada. Menurut Khoir–sapaan akrabnya, pencalonan Mustafa tak berubah meskipun jika nantinya ditetapkan tersangka dan ditahan oleh KPK.

“Tetap (status pencalonan) nggak berubah. Tetap bisa mencalonkan diri,” ujarnya.

Diketahui, Mustafa ditahan oleh KPK setelah diperiksa di kantor KPK Jakarta selama 4 jam pada Jumat (16/2) dinihari. Sebelumnya, KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lampung Tengah dan menjaring 19 orang terkait dugaan kasus suap dalam proses peminjaman daerah ke PT SMI senilai Rp300 miliar. (rlo/gus)

Komentar

Rekomendasi