oleh

Rayakan Hari Jadi ke-7, DCC Global School Gelar Acara Tahunan Science Fair

radarlampung.co.id – DCC (Dian Cipta Cendikia) Global School Bandar Lampung, kembali merayakan hari jadinya yang ke-7, hari ini Senin (19/2).

Ketua Yayasan DCC Global School, Edwar Juanda Rusydi menyampaikan, dalam perayaan ulang tahun ini, DCC Global School menggelar acara tahunan Science Fair. Kegiatan ini menerapkan teori yang telah dipelajari. “Science Fair ini adalah ajang praktik siswa terhadap penerapan teori-teori yang telah dipelajari,” jelasnya.

Selain itu lanjutnya, kegiatan yang mengusung tema “Recycle” ini sebagai ajang siswa/siswi untuk mengimplementasikan teori-teori belajar yang dibuat dalam satu penampilan sehingga bisa disaksikan oleh teman-temannya yang lain, juga oleh seluruh komponen sekolah dan orang tua.

Penampilan salah satu peserta DCC Science Fair. Foto : DCC Global School for radarlampung.co.id
Penampilan salah satu peserta DCC Science Fair. Foto : DCC Global School for radarlampung.co.id

Perlombaan science fair kali ini, diharapkan dapat menggali bakat, melatih kerjasama, percaya diri, dan melatih kreatifitas siswa siswi dalam membuat produk dengan memberdayakan barang bekas, kemudian dipamerkan melalui pementasan karya seni seperti drama, fashion show, dan bernyanyi. Dalam pementasan tersebut mengharuskan seluruh siswa mulai dari TK sampai SMA ikut berpartisipasi, sehingga semua siswa aktif dalam kegiatan tersebut.” Semoga pada masa yang akan datang menjadi lebih baik” Kata Edward.

Untuk diketahui, DCC Global School adalah salah satu sekolah di Bandar Lampung yang menerapkan Boarding School bagi siswa-siswi SMP dan SMA. Boarding School adalah salah satu pilihan pendidikan bagi anak dengan sistem asrama.

Asrama ini tidak hanya tersedia sebagai sarana tempat tinggal, tetapi juga  dirancang untuk program pendidikan keagamaan,academic development, hingga membentuk murid berakhlak dan berkarakter. Dengan adanya program ini, maka siswa akan dilatih untuk menjadi siswa yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan juga kepribadian yang baik

Ketua Yayasan DCC Edwar Juanda Rusydi mengatakan bahwa dengan berasrama, siswa akan menjadi lebih mandiri dan terbiasa menghadapi situasi sulit di luar zona nyamannya. “Bila anak selalu berada di zona nyaman, ia akan terlena dengan kehidupan yang mapan bersama orang tua, dan akan berakhir dengan terbentuknya karakter yang manja dan kurang terasahnya kemampuan  problem solving mereka” tandas pria kelahiran Muara Kuang tersebut. Edwar juga menambahkan keuntungan yang akan diperoleh anak jika ia disekolahkan di Boarding School adalah anak akan lebih terkontrol proses belajarnya dan mereka juga akan terhindar dari peragaulan yang negatif seperti merokok, tawuran, hingga narkoba.

Para pengajar dan siswa siswi asrama DCC Global School. Foto : DCC Global School for radarlampung.co.id
Para pengajar dan siswa siswi asrama DCC Global School. Foto : DCC Global School for radarlampung.co.id

Asrama DCC Global berkomitmen untuk membentuk pribadi yang memahami konsep Islam rahmatan lil ’alamin bagi siswa muslim dan muslimah, bermental kuat, dapat beradaptasi dengan segala lingkungan, serta memiliki kemampuan untuk menjadi seorangglobal citizen yang selalu berfikir global, bertindak lokal (thinking globally, acting locally). Untuk mewujudkan tujuan tersebut, asrama DCC Global telah merancang program-program yang terstruktur, seperti sholat berjama’ah, kursus bahasa Inggris/Arab, Qur’an tematik, pelatihan debat, belajar design grafis dan diskusi ilmiah yang memungkinkan siswa untuk menyampaikan pandangan mereka mengenai masalah terkini. Para siswa juga dibimbing belajar secara intensif setiap malam khususnya bagi siswa-siswi kelas IX dan XII.

Selain itu, asrama DCC Global juga memberikan pelatihan dasar (basic skills)yang akan berguna di kehidupan mereka nantinya, seperti kemampuan berbicara di depan umum, bertani, berkebun, memasak, dan lain-lain. “Tidak semua anak adalah pembicara yang baik di depan umum, tetapi semua anak harus bisa baik dalam berbicara di depan umum. Tidak semua anak mahir dalam berkebun, tetapi semua anak setidaknya harus tahu bagaimana cara menanam yang baik” jelas Edwar.

Edwar juga menjelaskan bahwa seluruh program yang dirancang adalah salah satu cara DCC Global untuk mengakomodir seluruh kecerdasan siswa, sejalan dengan konsep kecerdasan majemuk yang telah dianut oleh DCC Global sejak pertama kali berdiri. (rls/ang)

Komentar

Rekomendasi