oleh

Setiap Turun Hujan Deras Warga Kerap Temukan Ular

radarlampung.co.id – Efrat Kusumadijaya (50), pria yang berhasil menangkap tiga ular piton jenis Sanca Kembang sekaligus ini mengatakan, hadirnya ular ditengah-tengah masyarakat tersebut lantaran diduga dengan adanya musim hujan angin.

Memang tidak semua ular keluar saat kondisi cuaca hujan disertai angin. Namun katanya, rata-rata hal bisa saja terjadi. Ditambah dengan kondisi pemukiman yang mendukung seperti perkebunan dan persawahan.

“Pemukiman disini (Jalan Dr. Susilo, dekat Mahan Agung) dulunya sawah. Bahkan sampai saat ini masih ada sebagian kondisinya seperti sawah. Jadi bisa saja dari sawah karena kalau hutan tidak ada disini,” jelasnya kepada radarlampung.co.id, saat disambangi di kediamannya, Selasa (20/2) malam.

Ia menambahkan, tiga ular yang berhasil ia tangkap tersebut ada kemungkinan tempatnya bersarang di sekitar lokasi tersebut. Hal itu ia buktikan lantaran ia telah menangkap satu ekor ular dan disusul keesokan harinya dengan satu ular lagi.

“Dua ekor ular yang ditangkap sudah pasti sepasang apalagi ditemukan di satu lokasi. Kemudian disusul dengan satu ekornya diatas plafon, jadi ada kemungkinan juga tidak hanya bersarang di sawah melainkan di rumah-rumah warga,” terangnya.

Dengan ditangkapnya ular itu, lanjut Efrat, dirinya tidak memperjualbelikan ular tersebut. Ia mengatakan menangkap ular tersebut hanya sebatas mengamankan saja sebelum menimbulkan korban.

“Ngapain saya jual-jual, kalau ada masyarakat yang butuh untuk obat atau lainnya silakan ambil saja di rumah. Asalkan jangan digunakan yang aneh-aneh kasihan. Bahkan kalau perlu pihak BKSDA atau yang terkait jika menginginkan silakan ambil, asal jangan berfikir bahwa saya menyiksa binatang dengan cara dikurung. Sekali lagi saya tegaskan saya hanya mengamankan saja tidak neko-neko,” bebernya.

Pantauan radarlampung.co.id, kini tiga ular tersebut berada di sebuah kandang kaca berukuran 40×60 centimeter. Dari keterangan Efrat, ular tersebut ia beri makan tikus got yang ia temukan dipelataran rumah ataupun sawah.(adm/ang)

Komentar

Rekomendasi