oleh

Wajah Pucat, Saling Ngobrol hingga Bicara Sendiri..

Jumlah pecandu Narkotika dan orang gila (orgil) di Lampung diperkirakan terus meningkat. Hal itu juga terlihat dari tempat rehabilitasi narkoba yang ada di Bandarlampung ternyata ramai pasiennya. Salah satunya adalah tempat rehabilitasi narkoba Yayasan Sinarjati Agung Lampung. Seperti apa suasananya?

Laporan Damiri/radarlampung.co.id

ASRI dan sejuk. Demikian kesan pertama saat wartawan radarlampung.co.id menginjakkan kaki di Yayasan Sinarjati Agung yang beralamat di Jalan Teuku Cik Ditiro, Sumber Rejo, Kemiling, Bandarlampung, Rabu (21/2).

Begitu memasuki ruangan tamu rumah model lama yang bercat dominan warna putih tersebut. Terlihat beberapa orang tengah berada di lokasi tersebut. Program Manajer IPWL Sinar Jati Lampung, Imam Bagoes Sampurna yang menyambut dengan ramah.

Terlihat, beberapa orang sedang duduk dan berdiri. Sebagian meski tak terlihat mencolok, namun ada yang janggal. Dari beberapa orang yang terlihat, ada  mengobrol dengan temannya, juga ada yang berbicara dan senyum-senyum sendiri.

“Disini kami merawat untuk rehab narkoba dan orang yang sakit mental,” kata Imam menunjuk yang berbicara sendiri. Dari beberapa orang tersebut, untuk pecandu narkotika di ruangan sekitar 4×3 meter bercat putih itu hanya terlihat dua orang. Wajah mereka ada yang pucat.

Menurut Imam, kalangan pecandu narkotika jenis ganja hingga sabu masuk untuk dirawat di Yayasan Sinarjati Lampung.

“Gedung Yayasan Sinarjati Lampung memiliki tiga lantai. Lantai satu diperuntukkan untuk orang yang memiliki gangguan jiwa. Lantai dua diperuntukkan untuk pecandu narkoba. Sedangkan untuk lantai tiga diperuntukan sebagai aula,” ungkapnya.

Menurut Imam, jumlah pasien rehab narkoba yang dirawat saat ini jumlahnya puluhan orang. “Ya yang lainnya sedang tidak turun, mereka di atas (lantai dua),” tandasnya. (gus)

Komentar

Rekomendasi