oleh

Mengaku Keturunan Bung Karno, Tipu Warga Pakai Kendi

radarlampung.co.id – Mengaku keturunan Presiden Soekarno, wanita ini diciduk aparat Polres Lampung Timur, Kamis (22/2). Ia diciduk lantaran telah melakukan penipuan.

Wanita itu bernama, Bella Arnes Ajeng Satiti (44) warga Dusun I, Desa Jojog, Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Pelaku ditangkap saat berada di kediamannya.

Penangkapan pelaku berdasarkan laporan Polisi Nomor : LP/16-B/II/2018/Pld Lpg/Res Lamtim/Sek Kalong tanggal 22 Februari 2018, tentang melakukan  tindak pidana penipuan.

Kapolres Lampung Timur AKBP Yudy Chandra Erlianto menjelaskan, kejadian berawal pada bulan Oktober 2017 silam di Desa Jojog, Pekalongan Lamtim. Saat itu pelaku mengaku bajwa dirinya memiliki keturunan Bung Karno secara gaib.

“Setelah itu pelaku meminta sejumlah uang kepada para korbannya secara bertahap dengan diimingi agar supaya meningkatkan kehidupan dengan maksud kesejahteraan,” jelasnya kepada radarlampung.co.id, Sabtu (24/2).

Selain itu, lanjut Yudy, kemudian pelaku menjanjikan para korbannya bahwa akan mendapatkan kendaraan mobil atau sepeda motor. “Dengan kesejahteraan itu, pelaku menyakinkan para korban bahwa dirinya keturunan Bung Karno. Namun yang dijanjikan selama ini oleh pelaku sampai saat ini tidak terwujud sehingga salah satu korbannya melapor ke kantor pollisi,” terangnya.

Dalam penangkapan itu, polisi berhasil mengamankan barang bukti lima buah kendi berwarna coklat, tujuh buah kalung emas, satu buah gelang emas, dua buah anting emas, dua buah cincin emas, satu buah liontin emas nota pembelian dari beberapa took emas. Selain itu, juga buku catatan uang yang diterima oleh pelaku dari para korban. Akibat perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 378 KUHP dan Pasal 379a KUHPidana. (adm/gus)

Komentar

Rekomendasi