oleh

Ratusan Hektar Sawah dan Ladang Terancam Gagal Panen

radarlampung.co.id – Ratusan hektar sawah dan ladang tanaman jagung milik petani di daerah yang dilalui empat sungai di Waykanan terancam gagal panen. Sebab, empat sungai yakni Wayumpu, Waytahmi, Waygiham dan Waybesai meluap hingga menyebabkan banjir ke lahan pertanian warga.

“Sejak kemarin memang banjir setelah hujan tiga hari berturut-turut. Puncaknya tadi malam (23/2). Tetapi paginya berhenti air agak surut,” ujar Karyanto (40)  warga Bingkung Blambanganumpu kepada radarlampung.co.id, Sabtu (24/2).

Sementara itu, Kapolres Waykanan AKBP Doni Wahyudi mengatakan, hujan yang turun seharian pada Kamis (22/2) malam hingga Jumat (23/2)  pukul 07.00 WIB, selain merusak areal pesawahan juga merusak ternak ikan warga sekitar.

“Kawasannya dekat air sungai sehingga tanggul kolam ikan warga jebol. Tapi pukul 09.00 WIB, air sudah mulai surut dan sudah bisa dilalui warga,” ujar Doni kepada radarlampung.co.id, Sabtu (24/2).

Ia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian akibat hujan yang turun merusak areal pesawahan dan kolam ikan warga tersebut diperkirakan puluhan juta.

“Tidak ada korban jiwa, untuk kerugian diperkirakan puluhan juta. Meski jalan penghubung antara Dusun 6 Kampung Induk, Waytuba sudah dapat dilewati namun dihimbau kepada warga agar terap waspada dan hati-hati saat melintas untuk melakukan aktifitas,” terangnya. (adm/gus)

Komentar

Rekomendasi